Wisata Rohani ke Masjidil Haram Mekah

Kita yg muslim tentunya sudah tahu bahwa Masjidil Haram ini tidak hanya menjadi acuan kiblat dari seluruh muslim di seluruh dunia, melainkan juga menjadi lokasi utama dari ibadah haji. Masjidil Haram, dengan luas wilayah 356,800 meter persegi dg daya tampung lebih dari 1 juta pada satu waktu, adalah masjid terbesar di dunia.

mekah masjidil haram petang hari
(silahkan klik pada gambar di atas untuk mendapatkan ukuran besar)

Masjidil Haram terletak di kota Mekah, yg di antara keutamaan2 Mekah ialah karena Allah memilihnya sbg:

  1. Tempat dibangunnya rumah Allah
  2. Kota kelahiran dan kenabian Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, penutup para rasul
  3. Tempat beribadah para hamba-Nya serta adanya kewajiban atas mereka untuk mengunjunginya, baik dari jauh maupun dekat
  4. Tempat yg tidak boleh seorang pun masuk ke dalamnya kecuali dg kerendahan hati, khusyu’, kepala terbuka dan meninggalkan segala bentuk pakaian dan perhiasan dunia
  5. Tempat yg dijadikan Allah sebagai tanah suci yang aman, yang tidak boleh ada pertumpahan darah
  6. Tempat yg dimaksudkan untuk menghapuskan segala dosa2 masa lalu
  7. Tempat yg Allah telah mensyaria’tkan untuk bertawaf di ka’bah

mekkah masjidil haram tempo jaman dulu
Gambar di atas adalah pemandangan kota mekah pada tahun 1850.

Seperti yg kita juga telah tahu, berbeda dg masjid manapun di seluruh dunia, deret shaf di Masjidil Haram ini berbentuk lingkaran, semuanya menghadap ke Ka’bah yg berada di tengah2. Keunikan ini tentu tidak akan kita temui di masjid manapun.

mekkah masjidil haram tempo jaman dulu
Pemandangan daerah sekitar Ka’bah pada 1317 H.


mekkah masjidil haram tempo jaman dulu

Suasana ka’bah pada 1910 M

(Anda bisa klik pada gambar di atas untuk mendapatkan gambar ukuran besar)


mekah masjidil haram tempo jaman dulu

Suasana penginapan sekitar Masjidil Haram pada 1910 M

(Anda bisa klik pada gambar di atas untuk mendapatkan gambar ukuran besar)


mekkah masjidil haram tempo jaman dulu

Gambar di atas ini adalah masjidil haram saat pemugaran oleh Sultan II Abdulhamit.

(Anda bisa klik pada gambar di atas untuk mendapatkan gambar ukuran besar)
mekkah masjidil haram tempo jaman dulu


mekkah ka'bah masjidil haram masa depan

Gambar di atas adl sketsa Masjidi Haram di masa depan. Keren bukan.
(silahkan klik pada gambar di atas untuk mendapatkan ukuran besar)

Halaman berikutnya: Serba serbi Ka’bah

banner ad

60 Responses to “Wisata Rohani ke Masjidil Haram Mekah”

  1. fahmi! says:

    wow, baru sekali ini aku liat dokumentasi foto masjidil haram versi jadul. moga2 kita bisa segera dipanggil kesana buat berhaji ya, aamiin :)

    fahmi!s last blog post..terapi salat tahajud

  2. aRuL says:

    wah serasa sy sedang menikmati berwisata rohani ke sana, subhanallah :)

  3. Rosyidi says:

    sekarang aja katanya udah diperlebar lagi. Banyak hotel2 bintang lima dekat masjidil haram yang digusur.

  4. nasa says:

    what amazing place…

  5. rihan says:

    katanya banyak jamah yang ga bs pergi haji skarang ya?gara2 diperluas?

  6. rihan says:

    subhanallah…kapan ya ksana???indah banget…Allahu Akbar!!!!

  7. AWAN says:

    MESKI LAGI DIPERBAIKI PARA JEMAAH TETAP KHUSUS DALASEMOGA M MENJALANKAN IBADAHNYA

    AWANs last blog post..sang mentalist DEDDY COMBUZIER

  8. Nina says:

    indahnye mekah..
    alhamdulillah…
    keindahan yg x terkata..

  9. Eira says:

    Salam..
    waduh2..
    cantik banggat mekah..
    syukur alhamdulillah keindahan hak kta bersama..
    moga2 diseru kesna..
    insyallah..
    islam…

  10. Pren says:

    syuku2..allahuakbar..
    indah mataku memandang mekah..
    terbit rasa keinsafan dlm jiwa ku ini..
    moga2 keinsafan ini berpjgan ke akhir hayat ku..
    AMIN AMIN AMIN..
    Wassalam…
    Hamba yg mohon keinsafan..

  11. Mursidiq says:

    Subhanallah, Hati ini semakin tenang,melihat gambar Ka’bah dari masa kemasa, mengenang waktu berada di Mekkah memandang Ka’bah nikmat skali pingin rasanya kembali bersama Istri dan anak2ku., Amin amin amin . . . Wasssalam ‘ ‘

  12. mirin says:

    Subhanallah, Betapa indah dan sangat mengagumkan.
    Foto2 nya membuat aku selalu ingin kesana.
    Mudah2 an anak2 ku juga bisa menapakkan kaki ditanah suci
    ini.
    Kuucapkan salut dan bangga atas foto2 nya.

  13. fadli azhari says:

    Subhanallah. betapa rindunya aku bertemu dengan mu mesjid kekasih Allah. doa ku, ya Allah ridhai aku tuk dapat memenuhi panggilan mu tuk berhaji. amin

  14. Ardiansyah Tanjung says:

    Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
    Salut buat akhmad guntar. Semoga mendapat ridho dan pahala jualah hendaknya dari Allah SWT. Amin, Ya Robbalalamin.

  15. nando says:

    salam kenal mas gundar, boleh ne minta gambar2 nya, alhamdulillah ane baru kesana, mudah2an nanti bisa balik lagi, kebetulan ada niat mo bikin tulisan kesan disana agar temen2 bisa ngerasain pengalaman disana dan tertarik untuk kesana,mudah2an Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita dan kita bisa istiqomah di jalan-Nya, amiin

  16. alihadun says:

    ternyata kita kaum muslimin pemuja batu juga,bukan sekedar penyembah bangunan kotak kabah atau penyembah rumah kosong (mesjid)saja

    alihaduns last blog post..riwayat terjadinya jaran kepang alias kuda lumping alias reog jhatilan

  17. Nur Imanda Islamie says:

    Subhanallah…Allahu Akbar, terobat rindu di qalbu, walau belum lama berpisah, semoga Allah izinkan aku untuk kembali bersujud di Baitullah. sudaraku, syukron, Jazakallahu khairan katsiran

  18. toib says:

    kapan aku bisa ke sama, dan bisa munajad kepada Alloh di hajar aswad

  19. nev3 says:

    Subhanallah………..
    Indahx Kekuasaan Allah SWT.
    kPN YA q bs ke sana ?????????
    Smg sks, Buat Anda !!!!!!!

  20. nasir says:

    allahumma yassir lana ziyarota makkah wal madinah

  21. nurdiansyah says:

    mudah mudahan saya kesana nanti

  22. nurdiansyah says:

    wah bagus juga ya kota mekkah kapan ya1! saya kesana doain ya biar saya kesana

  23. nurdiansyah says:

    nanti kalau saya kesana saya akan melihat kuburan nabi muhammad

    terimah kasih telah membaca komentar saya

  24. farida.s says:

    Subhanallah, kebetulan sekarang ibu mertua saya sedang menunaikan haji,Insya Allah saya & suami akan kasana juga,cuma sekarang mesti lama nunggunya sekitar 4 tahun lagi,semoga Allah memberi kemudahaan Aamiin…

  25. Nasir Jambi says:

    Subhanallah…baru melihat gambar trasa tenang dihati.saat ini saudaraku sedang menunaikan ibadah haji,setiap melhat Ka’bah..hatiku berkata kapan diriku n keluargaku di panggil Allah untuk menunaikan Ibadah haji..

  26. nurdiansyah says:

    mudah mudahan jemaah haji indonesia cepat kesana

  27. Alfi chaniago says:

    Allahu akbar!!Allahu Akbar!!hanya milik ALlah lah segala pujian..subhanallahsaya meneteskan air mata..ya ALLah kabulkanlah doaku agar bisa memijakkan kakiku di kabah baitullah ini..Untuk menjalankan rukun islam yg kelima tentunya..Allahu akbar!!Allahu Akbar!!

  28. Wahyu Batam says:

    Subhanallohhh saya kepingin datang lagi kesana…rasanya rindu..sekali…..

  29. Bayu Agus A says:

    Betul2 Keagungan Allah….

  30. hiri says:

    alhamdoLELLAH la sharikaLELLAH only ya ALLAH

  31. hiri says:

    ???? ???? ??? ???? ???? ?? ?????? ??? ?????

  32. farah says:

    bagus sekali ceritanya. semoga cerita sejenis lain akan semakin banyak yang muncul. ini jadi ajang untuk syiar Islam. thank yaou

  33. mA'Sum says:

    waduuh kapan ya kita bisa kesana????
    dO’A KAN SAJA kita bisa kesana secepatnya , aaamiiin .,.,

  34. astri says:

    Ya allah,,,,
    Pngn bngts k sna ma keluarga…!!!
    MMmmmm,,,,Kpn ea,,,,,????
    Pasti bsa mngunjungi rumah allah,,,!!!
    Ammiiiiiieeeennn,,,,,!!!

  35. Semoga kita diridhoi Allah SWT dan berkesempatan berkunjung kesana

  36. ina says:

    subhanallah . .
    pengennnnnn ke sana,

  37. Arie sutanto says:

    kapan kami sekeluarga ke sana ya? mimpi kali……………..

  38. haikal says:

    @Arie Sutanto:
    Ndak boleh pesimis gitu mas.. Kalau Allah SWT berkehendak, ga ada yg ga mungkin.. Kalo pingin, ya berdo’a saja :) dikabulkan Alhamdulillah. Klo pun belum dikabulkan, berdo’a kan jadi ibadah ;)

  39. umay says:

    Maha besar ALLAH SEMOGA ALLAH memanggil kita untuk kesana

  40. deddy koesnadi says:

    subhanallah……Aku rindu Engkau Ya Allah
    panggilah aku bersama keluargaku untuk melaksanakan
    haji dan umroh bersama………amien

  41. ASWANDI says:

    SEMAKIN BANGGA AKU MENJADI UMAT ISLAM

  42. atix says:

    syukron mas gambarnya, ni yg Q cari :)
    Boleh ya Q copy gambarx! Manfaat bangetz!!!!!!

  43. Bambang Dwi Hardiyanto says:

    Waduh rasanya pingin lagi dan lebih khusuk menunaikan ibadah walau sudah umroh rasanya ketagihan mudah mudahan diberi kesempatan lagi mendapat panggilan Allah SWT Amiiiiin

  44. dnkah says:

    subkhanallah

  45. Al Syechan Haryanto says:

    LABBAIK LABBAIK ALLAHUMMA LABBAIK

  46. aLex says:

    maha suci ALLAH SWT.
    semoga kita semua mendapatkan kasih sayang darinya……
    smapai kita di panggil oleh yang maha kuasa, INGAT kita bisa menjalankan rukun IMAN. TAPI kita tidak bisa menjalankan tanpa pertolongan ALLAH SWT.

  47. imm says:

    Subhanallah…aku rindu kerumah ALLAH itu…amiiin

  48. ridwan balikpapan says:

    save as link nya ya…makasih

  49. Juminten says:

    dapat foto-fotonya dari mana? ijin ambil foto yg paling atas utk postingan saya, ya. nanti saya link. :)

  50. Sukri kalbar says:

    Ya Alah beririkan kesempatan dan kemampuan padaku dan keluargaku untuk kembali ketanah sici berhaji dan bersujud. aku rindu padaMu Ya Allah aku rindu rasulku… Allahu Akbar….

  51. zah says:

    assalammualaikum wr . wb
    foto” nya kabah rumah allah swt…
    foto” zaman dahulu saya melihatinya seperti saya terbawa ksana pngen liat zaman dulu kyak g mn tapi saya blom lahirr…tapi alhammdullah neh msh bisa lwt fotonya ..
    yg hebat tuh foto yg terakhir ap bener di buat sehebat itu ..
    tp low bener subhanallah bagus bgt..
    smoga allah swt..beri ane rezeki bisa k sana …k baitullah mekah..amin..

  52. Abdulhakim says:

    SUBHANALLAH….MAHA SUCI ENGKAU YA…ALLAH….ENGKAU JADIKAN SALAH SATU NEGERI YANG DULU TANDUS DAN GERSANG SEKARANG DAN ENGKAU JADIKAN NEGERI ITU MAKKAH DIKUNJUNGI OLEH HAMBAMU-HAMBAMU DARI PENJURU DUNIA KARENA TELAH ENGKAU JADIKAN DIA SEBAGAI RUMAH-MU YA ALLAH….SEMOGA AKU SALAH SATU ORANG YANG PANGGIL MENGUNJUNGI PANGGILANMU DI BAITULLAH MENUNAIKAN IBADAH HAJI…AMINNNNN…sALAM buat akh akhmadguntar…dari aku buat anda dan keluarga semoga Allah selalu mencurahkan rahamat dan rahim-nya….aminnn

  53. Abdulhakim says:

    ups…webnya aku salah

  54. ita novendra says:

    Ya Allah,Engkau Maha Besar…………Semoga Engkau memberikan kesempatan kepadaku kluarga kecilku untuk ber_Haji….Amien………

  55. Name* says:

    Comment

Trackbacks/Pingbacks

  1. Wisata Rohani ke Masjidil Haram Mekah | Trustco Surabaya - [...] Gambar di atas adalah pemandangan kota mekah pada tahun 1850. Silahkan membaca secara lengkap dari tulisan ini pada link …
  2. ~ FeeL n ThinK ~ » Umroh #2: Mekah - [...] nb: sumber foto paling atas dari sini [...]

Leave a Reply