Tips Komunikasi Pria Wanita

Pada post sebelumnya, telah saya sampaikan bahwa beda pria wanita juga tampak pada perihal bagaimana mereka berkomunikasi. Nah, perbedaan ini bukanlah untuk kemudian dijadikan pembenaran untuk bersikap apa adanya. Kita bisa memilih untuk lebih produktif dan efektif dalam berkomunikasi.

Kita mulai dulu dari tips untuk para cowok. Sejak dulu kan cowok selalu dituduh sebagai kaum yang tak pengertian thd cewek. Bisa jadi itu memang benar. Entah apa karena kebanyakan cowok memang bebal atau kebanyakan cewek memang sebegitu susahnya untuk dimengerti, itu tak perlu diperdebatkan. Apa yg lebih penting adalah memahami perbedaan yg ada dan membuat penyikapan yg lebih bijak atasnya.

Okai, para cowok, perhatikan yg berikut ini:

Ingat, wanita tu cenderung ndak to-the-point klo bicara. Mereka lebih suka ngomong dg cara yg halus. Wanita cenderung bicara di sekeliling inti pembicaraan (mbulet, begitu kata pria) agar mereka tidak terkesan agresif. Itu juga dilakukan oleh wanita utk menjaga perasaan pria bila semisal mereka sedang bermaksud meminta sesuatu. Bagi wanita, cara ngomong semacam itu sebenernya sudah jelas. Cuman para pria biasanya bermasalah dg model komunikasi semacam itu.

Ketika si wanita bertanya, “Mas, ndak pengen makan mie, ta?”, maka bisa jadi yg sebenernya pengen makan mie tu pasangan Anda. Atau semisal klo si pasangan bilang, “Duuh, dompetku kok jelek ya.” tu amat bisa jadi dianya pengen dibelikan dompet. Model komunikasi semacam ini bisa berlangsung dalam durasi lama serta membuat pria cukup frustasi.

Apalagi wanita tu biasanya memang menuntut pria untuk bisa membaca pikiran mereka. Ndak cuma itu, hukuman pun bisa datang bila pria gagal melakukannya :mrgreen: Wanita mbatin dalam hati, bertanya-tanya kenapa pasangan cowoknya kok bisa ndak tahu apa sih yang dia suka, ke mana dia pengen pergi, apa yang sedang pengen dilakukannya, dst. Padahal si wanita udah ngerasa ngasih petunjuk yg jelas. Pria sendiri seringkali ndak nyadar bhw dia sdg dihadapkan pada teka-teki yg harus dipecahkan. Ketika sudah nyadar bhw wanita memberinya teka-teki, pria pun seringkali gagal menangkap isi pikiran & perasaan wanita.

beda pria wanita: wanita berharap dimengerti

Lantas, apa yg bisa dilakukan? Bagaimana cara membaca pikiran wanita?

Hmm…. ini dia :roll:

Pertama, yg jelas kedua belah pihak kudu saling paham tentang adanya perbedaan ini. Buat para pria, kasih tau pasangan Anda, sehingga dia bisa memilih utk tidak sebegitu mudahnya ngambek ketika Anda terkesan tak pengertian. Kedua, perlu juga dipahami bahwa kebanyakan pria ndak bisa multitasking. Itu artinya kekuatan empatik pria tu menurun ketika dia lagi serius kerja -atau nonton pertandingan badminton, atau baca majalah otomotif. Bila di saat itu dia lalu mendengar pasangannya menyampaikan pesan yg ndak to-the-point, lebih besar pesan itu akan ditanggapi apa adanya, ndak dipikir apa implikasi atau maksud yg tersembunyi di dalamnya. Dan seringkali beginilah yg terjadi, dan dari sinilah seringkali masalahnya berawal.

Yang penting tu bisa tetep membuka mata pada isyarat2 nonverbal yg ditunjukkan pasangan. Bukan pada kata2 yang diucapkannya, melainkan lebih pada bagaimana dia mengucapakannya serta pemahaman Anda tentang kondisi dia secara umum. Susah? betul :mrgreen:

Wanita tu bener2 makhluk yang peka, udah tau kan? Mereka berpikir dan berkata dalam pengaruh estrogen. Seringkali, tema perilaku mereka didasarkan atas mood dan apa2 yang cowok menganggapnya nggak rasional. Bila semisal seorang pria berkata pada pasangannya, “Dhe’, aku suka ama rambutmu”, jangan heran klo tiba-tiba tanggepannya,”Lho, emang sebelumnya Mas nggak suka ya?! Sebelumnya Mas nganggep aku lebih jelek ketimbang [nama cewek, probably artis].”

Pada saat wanita berada dalam masa subur, mereka adl yg paling menyenangkan. Mereka akan lebih tampil menarik dan berperilaku lebih menyenangkan ketimbang ketika mereka sdg masa tak subur, apalagi menjelang masa tak subur.

Yang jelas, perlu kita para cowok ketahui, bahwa tujuan utama wanita ngobrol itu adalah utk…ya utk ngobrol. Artinya bukan untuk mencari pemecahan masalah, sekedar bertukar informasi, atau hendak menyimpulkan sesuatu. Adalah kecenderungan alami para wanita untuk ngobrol dg banyak orang kala mereka lagi ada masalah. Bisa jadi mereka tidak segera menindaklanjuti hasil obrolan yg sudah dilakukan, dan terus aja ngobrol. Jika Anda adl pasangan si wanita, maka ada baiknya Anda merasa bersyukur. Itu artinya Anda masih dianggep, masih dipercaya.

Secara umum, yg perlu Anda lakukan adl membuat sang pasangan merasa nyaman, mbikin dia merasa lebih baikan. Dan ini bukan dilakukan dg berusaha keras memecahkan masalah mereka. Klo pria berfokus pada pemecahan masalah, maka empatinya berkurang, yg ada malah semacam interogasi utk menemukan bahan2 pengambilan keputusan. Apalagi klo kemudian menyalahkan si wanita atas apa2 yg dia rasakan. Anteng aja, dan tunjukkan empati dg tatapan mata, sentuhan dan pelukan. Itu jauuuh lebih baik.

Berikutnya: Tips utk Perempuan

banner ad

22 Responses to “Tips Komunikasi Pria Wanita”

  1. adit says:

    nah inilah artikel yg ditunggu2 :Dbtw, iya Pria memang susah sekali untuk multitasking….. nah kalo melatih ini gmn ya pak caranya, sambil kerja tetapi sambil mendegarkan si dia juga….. aku kadang2 susah fokus, yg sering terjadi…. lost fokus terjadi di kedua hal tsb….

  2. infoGue says:

    artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:http://www.infogue.com/http://pria.infogue.com/tips_komunikasi_pria_wanitaanda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  3. aRuL says:

    wah….. betul2 mencerahkan…pantesan ketika cewek ada maunya dan masalahnya sama kita, jarang mengungkapkan langsung.. padahal saya kadang jengkel dengan mereka hanya dengan memberikan isyarat kalo ada masalah 😀 tanpa menyebutkan inti permasalahannya :Dpengaruh personality mempengaruhi kah cara berkomunikasinya mas?

  4. adit:
    Melatih multitasking? Wah, maaf nih klo tanggapan saya mengecewakan. Soalnya saya menerima traits susah-utk-multitasking itu sbg sebuah kekuatan alih2 kelemahan. Saya cukup merasa puas -Alhamdulillah- atas kemampuan saya utk bisa amat fokus dlm mengerjakan sesuatu. Hasilnya luar biasa.
    Lantas bila itu kemudian kurang produktif ketika bergaul dg istri? Well, istri saya sudah terpahamkan ttg beda antar pria wanita. Sampai skr saya masih susah menemukan barang dalam kulkas atau bahkan skedar niteni bhw di piring saji sudah ada sambalnya. Tapi klo udah sama2 paham dan pengertian, maka ndak ada masalah kok 😛

    aRul:
    Betul, emg gemes ya klo ada cewek ngomongnya ndak to-the-point gitu :mrgreen: Apakah itu dipengaruhi personality? Iya. Kita tau kan klo mereka2 dari elemen udara (sanguinis) dan api (koleris) lebih bisa terbuka ketimbang dua golongan yg lain 🙂

  5. Amin Mgt says:

    sy cewek, tp kebalikan dr yg sdh antm jelaskan di atas. Sy orgnya diam,klo brkomunikasi dg cowok justru ga pengin crita”ngalor ngidul” tp lbh suka ” to thepoint”. Mmg keseharian sy lbh byk berinteraksi dg cowok. Apa ini juga pengaruh dr kebiasaan interaksii sy yaa? Jzk

  6. dahlia says:

    Belum tentu wanita banyak cerita (ketika lg ada masalah) cuma sekedar pengen cerita (meski kebanyakan kasus seperti itu). Kadang mereka ingin cerita ke lawan jenis justru untuk minta solusi krn hal itu yang tidak dia dapatkan ketika bercerita ke wanita lain.
    Saya bisa bilang seperti ini karena saya wanita.

  7. Amin Mgt:
    Betul sekali. Memang ini akan amat terpengaruh dg kondisi di sekitar. Untuk menyeimbangkan, sebaiknya Anda tetap memelihara interaksi dg sesama temen cewek. Krn klo sudah menikah nanti, suami akan lebih suka utk berinteraksi dan hidup bersama dg orang yg tidak spt dirinya (tidak spt laki2 😉 ), scr fisik dan juga tabiat. Tp yg jelas tabiat komunikasi kewanitaan Anda belum hilang kok. Ini sekedar pengaruh adaptasi dan pembiasaan saja.

    Dahlia:
    Betul sekali, Dahlia. Blum tentu banyak cerita tapi ndak minta solusi. Maksud saya, ketika ngobrol (terutama ke sesama wanita), cewek lebih menjadikannya sbg ajang curhat alih2 cari solusi 🙂 Klo mau cari solusi, dia mungkin lebih suka ngobrol ke temen cowok atau temen cewek yg lebih tua.

  8. adhi surya says:

    waduh jd kepikiran nich, klu slama ini sy seprti itu sm pasangan….!ya mudah2 setelah bc artikel ini sy bs lebih faham lg…!terima kasih ya atas informasinya ni,….membantu bngt,,,,……….!

  9. Diary Hujan says:

    Tipsnya mencerahkan sekali : ) jazakallahu khairan..saya jd mngerti knp laki2 suka mnyebalkan… 😀

    Diary Hujans last blog post..Nyasar~!

  10. Jauhari says:

    Weik.. salah tompo nek ngono aku 🙂

    Jauharis last blog post..Juara Tiga Lomba Foto QWords

  11. fikri(GIE) says:

    kasih tau donk contoh berkomunikasi dengan wanita pas prtama brtetmu,,,,

  12. nisa says:

    iya bener banget tuh, para cowok emang kaya gitu.
    walaupun udah dijelasin dari cara yang sopan sampe cara marah-marah, eeee ngga berubah2 juga dianya. capedeee

  13. may says:

    Pak Gun, mw tanya. “Mereka berpikir dan berkata dalam pengaruh estrogen”.
    itu ndak diartikan secara langsung perkata kan?

    Takutnya, ada yg salah pengertian. Nanti dikira estrogen bnr2 mempengaruhi cara berpikir seseorg.
    (Pingin konfirmasi aja)

    Btw, Setw saya, masing2 cowok sama cewek itu punya estrogen & testosteron loh. Cuma, untuk kadarnya lebih dominan pada apa jenis kelamin dy.(Boleh di cek k androlog ato yg lain).

    Trmksh.
    Blog nya keren bgt Pak.Oy, wallpaper alaminya May tunggu. :p
    mkasih buanyak Pak Guntar.

  14. may says:

    Pak Gun, mw numpang ngomentari y,,,

    Mb Diary hujan:
    Kalo qt pnah b’pikir knp cowok selalu menyebalkan, mungkin qt juga harus menyadari, cowok pun berpikiran sama. Kenapa cewek menyebalkan?
    Tp biasanya t’gntung mood aja si.Kalo mood gi baek, bisa deh qta ngertiin (alias b’pikiran jernih), “O,mungkin dy gi ada mslh”. Kalo mood gi g baek, smw hal lngsng dliat dr sisi ‘kita’. Y tho?
    Skrg tinggal kita nya aja introspeksi diri. Tiap org melakukan apa yg dy lakukan kn karena ada alasan. Cb deh pahami (dalm artian b’tukar pikiran) knp dy b’tingkah spt itu.kalo g s7, utarakan alasan qta.semua jadi clear,klo emg msh ttp memilih jalur hdp msg2, y silahkan.Setidaknya ndak gontok2an d blkng,y kan? :p

    Mb Nisa:
    Hmmh,,merubah sifat itu g gampang Mb.g mungkin cm skali diberi tw uda langsung brubah 180 derajat.
    qt smw sm2 tw ttg i2,tp mungkin aplikasinya aja masih blm dmasukin k pemahaman qt.

    ato

    mungkin urutan bicara kita kali ya yg biqin org g mudeng?
    Cnthnya ni:
    Qta udah baca buku HarPot (Harry potter) smw nya.
    Trus diajak ngomong per bagian2 meloncat2; bagian dikejar anjing kepala 3,trus pindah bagian dkejar laba2,dikejar ular raksasa, trus dikejar naga.
    Bwt Sesama P’baca Smw serial HarPot (dalam artian paham pokok mslh) bkal nyambung2 aja.
    Lah kl org yg g pnah baca denger p’cakapan i2?
    cm mlongo, bisa2 malah komentar
    “ckck,,tnyata kasian bgt y idupny HarPot, dikejar2 binatang buas mulu. masih mending gue, dikejar2 ibu kos”. nah lo, repot kan?

    intinya, mw bicara sopan kek, bicara smbl marah2 kek, kalo inti p’masalahannya blm dipahami, y sm aja.komentarnya cm 1 (ky yg d tv2):
    “ngomong apaan sih lo? gue g ngerti deh”
    hehehehe

    Qra2 spt i2 pndpt sy.
    mohon maap sebesar-besarnya kalo ada salah kata,,

  15. Dia says:

    Wah Pak.. Kok ya benar sekali uraiannya itu..
    Aku bingung knapa laki2 itu klo lagi banyak pikiran jadi gak so sweet kayak biasanya. Nah klo udah gitu, pas si perempuan ini lagi sensitif2ny, mikir yang macem2 deh, eh si laki2 masi belum ngerti2 juga,,, nangis lah si perempuan tersedu2.. (haha.. kok curhat..)

    Haduh smoga ni blog dibaca semua orang deh, terutama para pria2, dan semoga pasanganku juga baca… hehee…
    Thanx pak…

  16. Galik says:

    Alhamdulillah ada artikel seperti ini. Saya bisa banyak belajar sendiri tentang ini, soalnya agak gak mungkin saya membahas bahas masalah masalah seperti ini dengan teman2 saya…..Terima kasih Pak.

  17. Pena Zakkiya says:

    Assalamualaikum

    Syukron atas artikel nya.. Sya mhs sastra indonesia, yang secara kebetulan sedang menempuh kuliah psikolinguistik… im very interest about this problem.., banyak orang tidak mengetahui, atau bahkan menganggap remeh hal semacam ini.

    dgn pemahaman berbahasa org dapat berinteraksi, berkomunikasi dg lebih baik.. tentunya di sini pembelajaran terkaait dg komunikasi msh saya pelajari.Terimaksih atas ilmunya, 🙂

  18. rahma says:

    tq bgt utk tipsnya..
    utk wanitanya…?

  19. anton says:

    ufttt wanita MEMANG MBULETI…ha ha ha
    sampek bingung ngadepinya….. maunya apa ..ehh gak bilang terus terang………ternyata eh ternyata…
    makasih bos artikelnya ….

  20. Jefry says:

    Wanita memang sulit dimengerti harus lebih bersabar kalau menghadapi wanita

  21. surya says:

    benar sekali wanita itu ingin dimengerti,wanita itu perlu perhatian lebih.

  22. tita says:

    terima kasih tipsnya,saya wanita kadang saya juga susah untuk memahami tingkah laku pria apalagi kalau cowok itu dpendiam.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tips Komunikasi Pria Wanita | Trustco Surabaya - [...] Okai, para cowok, perhatikan yg berikut ini: Tips Komunikasi Pria Wanita [...]

Leave a Reply