Tips buat Gamer: Cara ngeGame yg Seru & Bermanfaat

Salah satu tantangan produktivitas (terbesar?) para anak muda -mahasiswa juga termasuk- adalah kecanduan ngegame. Sedemikian jadi masalah sehingga memang pantas disebut kecanduan. Melalui tulisan ini, saya sama sekali tidak bermaksud menyuruh Anda untuk meninggalkan game jauh-jauh. Terus terang saja, saya sendiri adalah seorang gamer. Saya sudah mulai ngegame semenjak kelas 2 SMP, dengan sebuah komputer 386 SX . Dan bahkan sampai saya membuat tulisan ini pun (catt), saya masih bemain game Need For Speed Underground 2 ™ dan juga Counter-Strike ™ secara jaringan di kost2an .

Saya tahu persis bagaimana game Winning Eleven ™ bisa membangkitkan suasana girang, bersemangat, dan terpuaskan, khususnya bila dimainkan bersama teman. Bahkan tidak hanya orang yang bermain saja yang bisa terhibur, namun yang melihat pun bisa turut merasa girang. Saya masih teringat ketika ngegame Need For Speed Underground 2 ™, meskipun saya bermain single career mode, tapi di belakang dan samping saya ada delapan orang yang menonton saya bermain. Mereka semua pada bersorak ramai baik ketika saya berhasil mempercundangi musuh ataupun ketika saya dikalahkan oleh musuh dengan telak & memalukan . Sungguh, bermain game memang menyenangkan.

gebang-kidul-gamer

Kita bisa menjadi siapapun yang kita inginkan dengan game; menjadi polisi, tentara, agen rahasia, pilot, pembalap, pemilik bisnis, atau bahkan jadi the bad guy. Kita pun bisa memuaskan fantasi kita ketika bermain game role playing game.

* (catt) : Tulisan ini saya bikin sekitar akhir tahun 2001, waktu saya masih jd mahasiswa di ITS. Tidak ada modifikasi yg saya buat di sini, jadi game2 yg tertera di sini cukup ndak up-to-date.

Dan tepat karena saya adalah seorang gamer, saya tahu persis bagaimana rasanya kecanduan game. Saya tahu persis bagaimana game bisa menimbulkan sensasi riang, merasa tertantang dan bahkan percaya diri. Saya punya banyak sekali teman yang merupakan pakar dari Winning Eleven™, Counter-Strike™, Tekken™, dan game role-playing semacam Final Fantasy™ series. Mereka adalah orang-orang yang amat percaya diri –ketika berbicara tentang game- :mrgreen: .

chrono-trigger-rpg-dragon-ball

Saya pernah membaca karya ilmiah yang membahas tentang dampak negatif game terhadap pelajar. Saya tidak bermaksud menentangnya. Hanya saja saya kurang simpatik, karena sang penulis bukanlah seorang gamer. Dia nggak bisa menilai dari sudut pandang sang gamer. Dia bisa mendakwa buruknya game tapi nggak bisa memberikan informasi solutif dari sudut pandang sang gamer.

Bagi orang yang nggak punya pengalaman intensif ngegame, gampang saja bagi mereka untuk menyalahkan, memburuk-burukkan dan menjauhi game. Karena mereka belum mengerti. Karena mereka belum mengalami. Sehingga mereka hanya bisa melarang.

Bagaimanapun, saya tidak bermaksud membenarkan atau menyalahkan . Saya hanya ingin menginformasikan betapa game bisa jadi aktifitas produktif kalo saja kita tahu bagaimana memanfaatkannya. Yang jelas, kecanduan ngegame juga bisa jadi pembunuh masa depan secara perlahan, kalau saja kita tak mampu mengaturnya.

Halaman selanjutnya: Manfaat ngeGame?

banner ad

12 Responses to “Tips buat Gamer: Cara ngeGame yg Seru & Bermanfaat”

  1. ulan says:

    wakakakakkakakka..
    aku kira semua nya itu penampakan..
    ups..
    *kabur*

    ulans last blog post..shut the bersetubuh up

  2. Akhuna says:

    Sehebat-hebatnya game bikin otak dari stres menjadi fresh, tapi game tetap ndak bisa membikin fresh yang namanya mata. Kalo sudah gitu, tidur is the next best thing… :D

  3. infogue says:

    terimakasih, artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:http://marketing.infogue.comhttp://marketing.infogue.com/a_creative_marketing_strategy_for_new_music_album_launchinganda bisa terus promosikan artikel anda di http://www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita dan beberapa pilihan widget lainnya yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  4. Yudha bs says:

    Saya sendiri dulu pecandu games, cuman satu pengalaman saya. Games itu tidak akan menyelesaikan masalah. Justru menambah masalah.. :D. Wong kerjaan jadi gak selesai

  5. sagung says:

    game juga jadi sumber inspirasi lho……tidak 100% benar atau 100% salah. Yang jelas, semua hal yang berlebihan itu nggak baik.

    sagungs last blog post..Membuat Daftar Isi di Office itu mudah

  6. Menik says:

    saya dulu seneng banget ngadu Championship Manager sama kakak saya..terkadang sampe jam 1 malem :)tapi sekarang ga ada waktu euy :(

    Meniks last blog post..Terimakasih Yaa Allah…

  7. Rosyidi says:

    Wah pak guntar jago ngegame juga ternyata :D

  8. fenny says:

    hehe i’m so addicted to the sims 2 (game dgn penjualan paling laris di dunia) game simulasi tentang manusia, yang bisa, mati, nikah, punya anak, punya anjing, buka toko, punya musuh, kemalingan, bikin rumah dan lain lain. Tapi untungnya guilty pleasure ini bisa berubah menjadi manfaat, How? soalnya di game ini kita bisa menata interior rumah (mulai dari perabot, dinding, lantai, n lighting) yang jauh…jauh..jauh.. lebih mudah daripada mbikin interior pake sketchup/autocad/3D max. Hasilnya pun juga jauh lebih keren n efisien waktu (bisa di-jpeg low). Kita cuman tinggal milih mo cat dinding kaya gimana, mo perabot gaya minimalis ato gaya country semua ada, tinggal pick n place. Mulai dari tugas kamar asrama sampe interior studio tugas akhir seniorku aku bikin pake The SIMS 2 hehehe…sambil ngeGame sambil Ngerjain tugas hehehe ada lagi gak ya game yang kaya’ gini?

  9. Awan Dwi Darmawan says:

    Ah iya penulisnya ini jago FPS lho (Game HALO Combat Evolved belum disebutin juga tuh!!). Untung foto saya ga masuk. I’m game addict (dulunya). Hehehe… Berhentinya waktu komputer uda ga memadai lagi buat game2 baru dan bosan dengan game2 lama (keadaan terpaksa selalu membuat kita berubah). Akhirnya nge-game sekarang cuma Sudoku, DotA (kalo ada temen mainnya)… Yang jelas sekarang saya mencoba untuk lebih menikmati proses daripada endingnya. Postingan yang bagus mas Guntar!!

  10. pam says:

    saya tidak ingin mengomentari tentang game, tetapi lebih tertarik dengan gambar yang dipasang pada halaman ini, membangkitkan kenangan lama, saat2 dimana tindakan bodoh masih diperbolehkan, dan tidak ada konsekuensi apapun dari tindakan itu…nb: saya sudah bukan zuma master lagi, rekor saya telah dipatahkan ibunda di rumah:(

  11. ada yang manfaat lebih spesifik gitu,misal manfaat game dalam peningkatan kosakata.lebih detail maksudnya.salam kenal ya…kunjung balik,oke

    baitul alimavs last blog post..Iklan rokok dalam dunia anak dan remaja

  12. Seo Services says:

    Really great informative blog post here and I just wanted to comment & thank you for posting this. I’ve bookmarked youi blog and I’ll be back to read more in the future my friend! Also nice colors on the layout, it’s really easy on the eyes.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tips buat Gamer: Cara ngeGame yg Seru & Bermanfaat | Trustco Surabaya - [...] Anda seorang gamer? atau punya teman atau putra putri gamer? Silahkan membaca tulisan ini secara lengkap di: Tips buat …

Leave a Reply