Prinsip Kungfu Peremuk Tulang Chinmi :)

Chinmi01Memang tampaknya mustahil menyamai kekuatan (&stamina) Chinmi dari kuil Dairin :p, tapi segala prinsip kungfu peremuk tulang adalah valid & benar dalam konsep bela diri.

1. Pukulan yang dilancarkan dengan kecepatan yang sama, lebih bertenaga kalau dilakukan orang yang lebih berat badannya. Lantas bagaimana dengan orang yang badannya ringan? Maka esensi dari kungfu peremuk tulang adalah melipatgandakan berat badan di saat memukul, yang juga akan melipatgandakan tenaga pukulan yang dilancarkan.

Chinmi02

2. Biasanya tenaga pukulah diperoleh dengan memberi jarak kemudian diberi kecepatan. Tapi kungfu peremuk tulang hampir tak memberi jarak. Kunci pertama adl pada hentakan kaki yang sangat kuat. Semakin kuat hentakan kaki, semakin besar berat badan yang bisa menambah tenaga pukulan.

3. Kunci kedua adl memperkuat hentakan kaki penopang. Sewaktu memukul atau menendang, titik pukul diperkecil menjadi satu titik. Maka dalam kungfu peremuk tulang, bagian yang harus diperkuat adalah ibu-jari kaki penopang, tempat tenaga diberikan sampai akhir. Hentakan ibu jari menentukan kekuatan pijakan.

Chinmi034. Kunci ketiga adalah menjalarkan tenaga yang didapat dari pijakan kaki. Pijakan kaki bukan hanya menambah laju pukulan, tapi juga menghasilkan tenaga tambahan, yang kemudian harus dipindahkan ke lengan sambil memuntir pinggang

Coba sendiri deh dengan sansak, dan perhatikan bedanya. I have 🙂

PS: Silahkan membaca komentar2 di bawah untuk menemukan banyak informasi pendukung yg menarik terkait Kungfu Peremuk Tulang ini.

[tags]Kungfu Peremuk Tulang, Chinmi, Bela Diri, kuil Dairin[/tags]

banner ad

49 Responses to “Prinsip Kungfu Peremuk Tulang Chinmi :)”

  1. yamada_miiko says:

    kungfu peremuk tulang…emang bisa beneran tah? hebat dong…
    tapi jurus ni punya kelemahan, kalo kakinya luka bakal susah, liat aza semuanya pada bertumpu ma kaki.:>
    seandainya semua komik bisa ditransfer, bakalan enak kalo punya otak kayak shinichi kudo, rasa loyalitas n keberanian kayak naruto,kekuatan kayak son go ku,n hati kayak yamada miiko..

  2. Guntar says:

    Tentang tumpuan ama kaki, saya kira itu tidak bisa dianggap sbg kelemahan. Ya memang itu syaratnya. Dan tidak hanya skdr kaki sebenernya, tapi juga pinggang. Dasar semua olahraga kan kekuatan kaki dan pinggang.

    Apakah insight dari komik bisa ditransfer? you bet! 🙂
    Saya pribadi terinspirasi banyak oleh nyali dan tekad Naruto, sense-kepemimpinan Gaara dan jenius hardwork Lee. Trus terinspirasi juga oleh fighting-spirit nya Goku dan semangat bersaing Bezita.

    Ttg Miiko 😆 Dia tu mmg lucu banget. Flashdisk saya skr aja ta’kasih nama Miiko

    ^_^

  3. reza says:

    apakah karena pukulan peremuk tulang ini memakai tumpuan dasar pada kaki, latihan seperti apa yang baik dilakukan agar hentakan kaki menjadi sangat kuat , apa harus melakukan kuda2 berjam2 , posisi tangan pada saat melakukan jurus menggemgan/terbuka?

  4. Guntar says:

    Utk melatih kaki, yg penting adl daya tahan atletis dulu.Ndak cuma dilatih dg berlari, tapi jg dg latihan beban.Di Gym,ada alat utk melatih paha, betis, hingga pergelangan kaki.

    Apakah perlu melakukan kuda2 berjam2? Ndak sih. Bisa boring banget ntar :mrgreen: Krn bagi saya yg penting tu bukan kekuatan statis, melainkan kekuatan hentakannya.Jd yg perlu dilatih berpuluh hingga beratus jam adl hentakan kakinya.

    Repetisi ini amat penting utk mencapai apa yg disebut Neuromuscular efficiency; jalinan yg terbentuk antara otak dan otot.Hal ini amat diperlukan utk menjadikan gerakan ttt menjadi cepat, akurat dan menjadi second nature.

    Ttg posisi tangan.Klo di komiknya kan membuka ya.Tp saya tyt kesulitan tuh.Pergelangan & telapak tangan kanan saya tyt tidak bisa membentuk 90derajat sempurna ktk dipake menghantam.Jadinya malah sakit :p Akhirnya klo ngga meninggikan arah pukulan ya menjadikannya sbg kepalan (btw, penting jg utk melatih kekuatan pergelangan tangan utk mengimbangi kekuatan & kecepatan gerak lengan)

    Dan yg tak kalah penting jg utk diperhatikan, bhw kungfu peremuk tulang jg menggunakan JEMPOL tpt tumpuan terakhir. Artinya, bila pukulan dg kaki kanan, maka jempol kaki kiri -tempat tumpuan terakhir dilepaskan- adl bagian yg kudu sangat dikuatkan. Tapi klo saya, ndak pernah e melatih jempol kaki saya 🙂

  5. Putri says:

    yai … ternyata banyak ya yang suka sama Miiko … ^_^ … senangnya … dah salah klo saya selalu rekomendasikan pembaca komik buat ga ketinggalan baca Miiko … ^_^

  6. Putri says:

    “dah salah klo saya selalu rekomendasikan …” ups … salah … maksudnya “ndak salah klo saya selalu rekomendasikan …” …

    hidup Miiko-Chan … yokatta … ^_^

  7. Guntar says:

    Putri:
    Flash disk saya namanya Miiko lho :mrgreen:
    Tapi aslinya saya ndak ngikuti komiknya. Cuman tetep seneng klo baca ceritanya. Saya pinjemin donks 😛

  8. Putri says:

    boleh … boleh … nyewa ya … peminjam buku lebih kejam daripada pembajak lho… LoL … ^_^
    *kabuuurrr

  9. Guntar says:

    Putri:
    Lho… jangan lari.. Saya pinjemnya di rumah sampean aja wis ya 😉 :mrgreen:

  10. b3l1nc3k says:

    pukulan peremuk tulang??
    mirip dengan pukulan penhancur miliknya sanosuke sagara ( rurouni kenchin )
    dimana teknik itu memang bener2 ada.

    klo tidak percaya, silahkan ikuti dan baca sejarah dari beladiri karate.
    dan salah satu master karate di Jepang ( saat ini mungkin sudah DAN 12 )
    memang benar2 menguasai teknik ini ( INTI IAI ) –> pernah di demonstrasikan ketika menghancurkan batu KALI ( ketika sensei gw ujian sabuk hitam )

  11. Guntar says:

    b3l1nc3k:
    Saya malah baru tau ini klo pukulan penghancur Sagara Sanosuke tu beneran. Coba se ntar ta’liat2 lagi di komiknya 😛

  12. aku kok gak seneng nonton komik ya?? 🙁

  13. Ridwan says:

    Saya pernah dengar dari guru saya kalau kita menghantamkan kaki dengan keras ke tanah akan berbahaya karna getarannya menyerang otak

  14. Guntar says:

    Bukan hanya ktk menghantamkan kaki, kalo Anda pernah memukul kuat2 benda diam spt tembok atau sansak yg teramat berat pun getarannya bisa sampe di kepala lho 😛
    Jadi sebenarnya sama saja, baik menghantamkan kaki atau tangan, itu bisa bawa risiko ke anggota tubuh yg lain. Dan bela diri mmg butuh ketahanan fisik tertentu.
    Dlm kasus hantaman kaki, maka pinggul kudu kuat dan cukup lentur. Intinya, getaran yg datang dari hantaman kaki harusnya disalurkan pd pukulan, bukannya dilarikan ke kepala.

  15. roy kungfu_boy says:

    saya bingung nihh..Gmn caranya mengalirkan tenaga ke telapak tangan. Apakah butuh latihan khsus tenaga dalam atau gimana gituuu. Dalam komik kungfu boy saya liat tenaga kungfu peremuk tulang bisa menembus benda tanpa merusak benda tersebut.. Apakah ini bener.. dan klo bener gimana caranya.. Apakah ini ilmu tenaga dalam tingkat tinggi??. Apakah yang kita rasakan apabila kita mengalirkan tenaga ke tangan kita??. Apa ada rasa yg khusus gitu..
    Kungfu boy…… benar2 mengajarkan bela diri sejati…
    I LIKE IT VERY MUCHHHHH…

  16. nugi says:

    mas….. punya artikel lain tentang kungfu gak???
    ku butuh banget buat karya tulis nich…….
    plis bngt y

  17. PMB Bandung says:

    Apa itu salah satu jurus rahasiah dari Sholim?….. jurus setali mengakat sekati?….. salam dari Perhimpunan Mahasiswa Bandung..

  18. Guntar says:

    Kungfu-nya Chinmi kan dibangun atas dasar ilmu ala Timur (China to be exact), yg di sana dikenal konsep body electric (CHI) yang bersirkulasi. Klo pengen merasakan chi, gosokkan kedua telapak tangan selama skitar 10 detik, lalu dekatkan kedua telapak sekitar 1,5 cm. Klo bener2 konsentrasi, Anda akan rasakan aliran energi di sana.

    Chi ini bisa dirasakan oleh seseorang sbg sensasi hangat, geli, kesemutan kecil, atau rada getar. Ada lagi yang merasakan dalam bentuk2 yg lain. Ada yg bisa merasakan dg kuat atau lemah, seringkali tergantung pd kondisi mental emosi juga. Nah, energi bioelelektrik ini mengalir dalam sirkuit yg disebut meridian, yg biasa digunakan oleh para ahli akupunktur dalam terapinya.

    Kemudian, bicara ttg konsep perpindahan Chi ini adalah spt yg dibilang oleh Taoist, “The mind moves and the chi follows.” Ketika kita memfokuskan atensi, Chi akan berkumpul dan membesar. Memfokuskan perhatian kita pada area tertentu pada tubuh kita bisa meningkatkan jumlah aktivitas di jaringan syaraf dan otot di area bersangkutan. Semakin kuat fokusnya, semakin besar tingkat gerakan dari Chi. Perlu dicatat, bahwa Anda bukannya mendorong atau menarik CHI, melainkan memindahkan fokus pada titik yang lain. Ini adalah dasar dari konsep perpindahan energi di bela diri.

  19. Kalau menurut saya, ilmu bela diri khususnya tenaga yg berdasarkan chi dengan cara Gwe-Kang utk mempelajarinya memakan waktu cukup lama (tahunan), kecuali yang sudah memiliki dasar Chi dengan menyerap Lwe-Kang sama halnya berpuasa menyerap dan mengolah Bathin (dan ini pun mempelajarinya cukup makan waktu). dan semuanya memiliki tahapan, dan semua harus dilakukan dengan benar karena menyangkut semua aliran darah dan syaraf,otot, baru chi akan keluar, kalau tidak kita akan sakit . kesimpulan … tidak semudah yang kita duga .. tku

  20. AZURA says:

    Bener – bener gua setuju memang belajar chi kudu ada yng bimbing yg jelas ma guru, kalo dikomix masih ??? itu kan buat hiburan … gua pernah nyoba eee…. rambut gua jadi belang belang gini . jadi gatal gatal gitu lho kulit rambut …

  21. ??? ???? Ko bisa gitu ya … !!! Rambut lo kutuan kalee …

  22. AZURA says:

    SEMBARANGAN !!!! GUA SERIUSS â?¦ TAU !!! DITAMBAH MUKA GUA PADA BENGKAK BENGKAK !!!

  23. KO TAMBAH PARAH ??? KEBANYAKAN MAKAN KACANG KALEEâ?¦ ko tambah aneh gini
    ?? apa hubungannya tenaga chi ma muka pada bengkak-bengkak â?¦ ah.. anda
    ini bisa saja â?¦ saya mempelajari Chi, malah tambah sehat buang angin
    melulu â?¦

  24. Menurut saya tidak semudah itu mas … kalaw di praktek kan itu makan waktu lama jika sampai sedahsyat itu … apa lagi semua beladiri yg berasal dari ajaran terdahulu / kuil … dan untuk belajar mengeluarkan chi dengan tenaga poros pada urat pinggang dengan tumpuan Kaki belakang apa lagi dengan ledakan tenaga chi keluar dari tangan .. wak kalw diceritakan ga cukup … intinya makan waktu tahunan … tku

  25. Akhmad Guntar says:

    Hmm, seingat saya, ndak pernah tu saya bilang klo ini mudah 😉 Saya sepakat ama sampean; butuh waktu lama utk bisa sedahsyat itu. Tahunan, bukan bulanan. Oleh karena itu, saya lebih mempercayai beladiri yang memang butuh dedikasi bertahun2 untuk menguasainya.
    Btw, udah tau blum skr udah ada komik streetfighter yg baru. Full Color semua halaman! 😎

  26. taufik says:

    Bro,,pukulan kaya gitu gak bakal bisa cm pk fisik, atau teknik gerak tubuh,sekedar nambah,pukulan kaya gitu juga butuh keseimbangan mind, body, spirit.dengan bantuan konsentrasi,tp thanks bwt infonya,,mirip sm pukulan karate

  27. laaaa yasmin says:

    Miiko !!! I miss U… >,<

  28. Insyafie says:

    Waaaa… Mas Guntar juga suka Chinmi tooo… Aku juga lagi hunting komiknya yang Kungfu Boy Legends No 4. Susah banget nyarinya… Tapi beruntung kemarin dapet scan manga nya… huhehehehe…

  29. coki says:

    beneran ga yang lo bilang itu smua???
    gw pernah belajar karate sampe 7 tahunan, di dojo gw pernah juga diajarin cara semedi, mengatur tenaga dalam, mengalrkan ke seluruh tubuh dan segala macamnya..tapi kalo model kayak Kungfu peremuk tulang walau menurut gw itu amazing banget, gw belum pernah liat ada pembuktian secara visual..karena gw ikutin latihannya chinmi lewat buku2nya, kayaknya sulit banget untuk bisa masuk di logika gw seperti yang mas guntar bilang..gw lebih setuju kalo si chinmi ini belajar dulu cara menguasai tenaga dalam, mengontrol pikiran, jiwa supaya selaras untuk bisa melancarkan kungfu peremuk tulang…kayak kungfu 1 jari, jurus terlarang kuil dairin juga ga mungkin dia bisa kuasai kalo dia ga bisa ngontrol ma kuasai tenaga dalam, pikiran dan jiwa dia…

  30. mas Coki yg baek, jangan luput baca komen2nya ya 🙂 Yg saya katakan adl: dampak jurus Chinmi tidak bisa ditiru (i.e sampai bisa menghancurkan jembatan). Tapi konsep dasarnya adl benar. Bela diri yg saya pelajari dulu adl karate dan kempo, tapi ya baru nyadar ttg keabsahan konsep peremuk tulang stelah mbaca2 dan nonton tayangan BBC ttg the Science Behind Martial Arts, semisal bicara ttg pemindahan titik berat. Ttg penyelarasan tenaga dalam, pikiran & jiwa, itu tentu saja benar, dan harus!

  31. mario marpaung says:

    kungfu peremuk tulang, wah menarik yaa…
    sebagai penggemar chinmi saya sangat tertarik dgn jurus ini, jurus ini merupakan warisan dr guru yosen kepada chinmi sebelum ajalnya…

    dr komik yg saya baca kungfu peremuk tulang adalah salah satu jurus dgn tingkat kesulitan tertinggi, yg dimana chinmi dalam mempelajarinya membutuhkan ketekunan yg luar biasa…

    saat chinmi melakukan jurus ini chinmi berporos pd kaki dan pinggangnya di saat melakukannya, karena jurus ini jg menggunakan gaya dorong untuk menghempas lawannya…

    selain hentakan kaki yg kuat chinmi melatih keseimbangannya, dia melatih dengan berdiri menggunakan ibu jari kaki d atas bambu / tongkat, jd selain menggunakan hentakan kaki chinmi jg melatih keseimbangan tubuhnya hingga melebihi batas orang biasa…

    chimi juga melatih bagian tubuh atasnya dengan cara meditasi d bawah air terjun dan menggunakan kungfu peremuk tulang berkali” d dalam air terjun atau sungai…

    jadi bisa di simpulkan jurus kungfu peremuk tulang bukan hanya menggunakan hentakan kaki yg kuat semata tapi menggunakan seluruh bagian tubuh dalam menyalurkan tenaga dalam untuk mengeluarkannya…

    itu menurut saya 🙂

  32. Alvons says:

    WOw!! It actually works!! Kebetulan gw ikut boxing club di singapur ini and gw ngerasain perbedaannya!! Hahaha ga nyangka KPT ini ternyata real.. Thanx for the info.. Salam from Sgp..

  33. Steven W.S says:

    Wah!
    Hbt bgt yah!!
    Cma kl udah d bca kyk ny ccah dh d pragain ny…
    ]Mank mas ini bza??
    Yg plng ccah th paz mijekin kki ny… Soal ny ckidh,, apalagi skuat tnaga!
    Chinmi kn latihan truz ampe bisa nguasain,
    Kl latihan ny gmn sih cra ny??
    Kl latihan ny udah bza sih, pzti nguasain ilmu yg kyk gini gampang!
    Aq pnah paz lg dmen” ny bca Komik episode lma(yg udah sjk thn 1992-an), meragain bgt,, tp msh blum bza th kyk ny…
    Nnti aq cba lg deh….
    O ya,, truz yg tinju satu jari kyk gmn th??

  34. Daniel says:

    Saya lihat Kungfu Peremuk tulang itu efeknya hampir mirip seperti peragaan busur panah yang ditembakkan ke sasaran, sehingga kekuatan menjurus kepada satu titik.
    Hmm, ternyata ilmu itu beneran ada toh
    Orang yang bisa nguasainnya pasti kuat banget 🙂
    .-= Daniel´s last blog ..Emas Kuning, Emas Putih dan Platinum =-.

  35. CANDRA says:

    KUNGFU PEREMUK TULANG EMANG BENER2 KUNGFU YANG MUJARAB DAN EMANG BETUL2 BISA MENYEIMBANGI LAWAN YANG TENAGA NYA JAUH DARI TENAGA KITA

  36. CANDRA says:

    salut uat kagigihan chinmi berjuang keras dalam menghadapi musuh2 nya dan yang lebih di kagumidari cinmi adala semangat tarung yang tak pernah habis,walaupun rintangan yang di hadapi nya begitu berat,,,,,,,,,,,,,,,,SALUT DECH BUAT CHINMI

  37. masse says:

    kungfu peremuk tulang yang di perlihatkan di komik kungfu boy sebenernya adalah salah satu dari rangkaian jurus kungfu delapan mata angin atau lebih dikenal dengan kungfu baji quan.
    kalau kalian ingin melihat gerakannnya secara menyeluruh. kalian bisa melihatnya di youtube dengan kata kunci baji quan.

  38. adit says:

    dariii duluuuu saya ngefans banget sama chinmi
    tapi yang paling menarik dari chinmi (menurut saya) adalah kelincahan badannya yang luar biasa.mungkin gara2 sejak kecil dia suka bermain dengan gokong di hutan.

  39. cristopher says:

    ternyata kekuatan chinmi tidak terbatas.tidak ada yang bisa melampaui kekuatannya kecuali gue.hebat gak

  40. cristopher says:

    udah ada yang nonton belum yang lawan zeigan.chinmi harus pakai kungfu peremuk tulang kalau gak salah 10/9kalian deh.apa lagi yang terakhri kalinya.buset deh mantep banget

  41. new kungfu says:

    Hmmmm,
    Kalu menurut q,
    S chinmi itu emang udah bakatnya,
    Chi-nya udh mudah trasah,
    Jd ga payah2 latian lagi.
    Krn aq juga ikut kungfu
    (shaolin slatan),
    N stlah ngitung2,
    Ngliat umur chin minya sndiri wkt biss premuk tulang msh muda sx,
    Hem.
    Sbenrny jurus ini dari kung fu 8 arah mata angin,
    (infrmsi lbh lnjut, liat komik kenji)
    Yang nama aslinya jurus dakai,
    Atau telapak shoto.

  42. ian says:

    wah gampang kok klo cuman ngeremukin tulang, orang semarang jagonya tuh… bandeng tulang lunak….

  43. ian says:

    gw seneng pose chinmi yg lg yoga

  44. khasilul says:

    FILOSOVI DARI SMUA NI PA YA
    ?

  45. These jokers are selling NRG-2 online is this right?

  46. Firmansyah says:

    Salam kenal, dalam aliran kungfu yang terkenal menggunakan hentakan kaki antara lain yaitu Baji quan. Hampir tiap gerakan dan tekniknya mengandalkan hentakan kaki dengan pengaturan power dan nafasyang terkontrol untuk menghasilkan daya ledak yang dahsyat. Bahkan Grandmasternya yang telah berlatih puluhan tahun dapat menyalurkan qi yang selalu membunuh lawannya hanya dengan menyentuhkan telapak tangannya ketubuh lawan.

    Ini adalah hasil latihan atau konfu dalam istilah kungfunya. Perlu berlatih dengan master yang benar dan metode yang benar untuk dapat menguasainya, dan utamanya yaitu kesabaran dan ketekunan.. Only my 2 cent.. CMIIW

  47. fajr says:

    kungfu ataupun beladiri yg lain bisa kita pelajari tergantung pada kita dari usaha dan yg pasti y percaya pd Alloh dan diri sendiri krn klo kita tidak percaya maka lawan akan mengalahkan kita

  48. Clement Marsha says:

    Nama jurusny yg asli adalah tsuu hai ken, yg artiny tinju gelombang(?). kungfu peremuk tulang adalah nama yang diberikan penerjemah indonesia untuk memberikan kesan keren. Tulang sendiri tidak dapat diremukkan semudah itu karena tulang memiliki property sekeras besi(kecuali terkena carbonate yang terkandung dalam minuman soda)

    Kungfu peremuk tulang adalah kungfu yang mebutuhkan kecepatan dan keterbiasaan karena kungfu peremuk tulang berbasis jarak nol(point blank) kecuali anda sekalian memanipulasi teknikny dengan tinjuan jarak jauh

  49. Clement Marsha says:

    chinmi sendiri belajar kemampuan merasakan dengan menguji diriny merasakan kapas yang jatuh dan menangkapny, sehingga otomatis chi yang terdapat pada setiap benda adlah hal yg menjadi tumpuan latihan chinmi(chinmi meraskan chiny setelah melatih kemampuan ini)

    Chi sendiri dapat disebut juga sebagai nafsu atau kadang hawa membunuh karena atensi dan keinginan kita berpusat pada sesuatu atau seseorang

Trackbacks/Pingbacks

  1. AkhmadGuntar dot com » Blog Archive » Migrasi Post dari BintangTauladan™ - [...] Prinsip Kungfu Peremuk Tulang Ini adl posting paling ndak nyambung dari tema besar. Tapi ternyata amat banyak…
  2. Prinsip Kungfu Peremuk Tulang :) « Bintang Tauladan ! - [...] Prinsip Kungfu Peremuk Tulang [...]
  3. Postur Tubuh yang Benar tu Menyehatkan | AkhmadGuntar dot com - [...] dan perut dilangsingkan agar tidak menunjukkan kemajuan yang terlalu kentara . Mirip ketika bicara kungfu peremuk tulang Chinmi,…

Leave a Reply