Postur Tubuh yang Benar tu Menyehatkan!

Di bulan Januari kemaren, aktivitas saya hampir melulu di depan dev0 (nama laptop saya). Dalam maksud untuk terus giat bekerja di manapun dan kapanpun, akhirnya saya sering kerja sedemikian rupa di mana postur tubuh saya ndak optimal. Yang paling sering kerja sambil bersila di lantai atau kerja sambil tiduran di atas kasur; entah tengkurap atau menyamping. Belakangan, bahkan posisi duduk di kursi kerja pun jadi kurang bener. Biasanya klo udah gitu beberapa dampak kurang menyenangkan dateng:

  • Sakit di daerah pinggang, kadang di pundak
  • Napas jadi ndak bener; lebih pendek, kurang lega
  • Lebih gampang capek. Energi kok kayaknya ndak terdistribusi sempurna dalam tubuh.
  • (kata istri) Saya jadi keliatan kurang keren :mrgreen:

Postur tubuh yang jelek memang berdampak kurang baik. Jika dipelihara hingga bertahun2, hal ini malah bisa mengakibatkan luput syaraf yang sakitnya ndak keruan dan harus diterapi dg upaya & biaya mahal. Beberapa postur tubuh memang bisa merekayasa jaringan syaraf sedemikian rupa hingga mengubah aliran darah pada syaraf tulang belakang. Dan ini gawat! Lebih jauh lagi, Jim Deuchars dari Leeds University telah menemukan bahwa postur yang jelek akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Lantas, postur tubuh yg salah itu sebenarnya apa?

Poor Posture = faulty relationship of the various parts of the body which produces increased strain on the supporting structures and in which there is less efficient balance of the body over its base of support

Doh! ewuh banget :mrgreen:

Lihat aja gambar berikut ini.

Postur Tubuh yang Benar tu Menyehatkan! Contoh yang salah

Pada gambar sebelah kiri, bagian dada tertekan gara-gara punggung yg membentuk huruf C. Bila dada terkompres seperti itu, lantas gimana bisa menghirup udara secara lega supaya badan bisa berfungsi dalam kapasitas maksimumnya? Tentu kita paham betapa oksigen juga dibutuhkan untuk membantu sirkulasi aliran darah yang layak. Lihat juga betapa sang model menekuk lututnya sedikit ke depan. Postur kayak gini ini, klo dipelihara cukup lama, tentu bisa memberikan tekanan berlebihan di lutut dan akibatkan kerusakan.

Lantas yang jadi penyebab?

  • Kebiasaan buruk tentu saja – postur duduk, berdiri, rebahan dsb yang salah (yg mana jd penyakit saya)
  • Otot yang melemah – kurang olahraga jadi salah satu sebabnya
  • Kegemukan – yang memang bisa menyengsarakan otot
  • Kehamilan
  • Sepatu yang ndak layak pakai – misal yang hak-nya tinggi
  • Berkurangnya fleksibilitas otot dan persendian

Saya kira bukan hanya saya; pasti banyak dari Anda yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer dan rawan terkena penyakit kebiasaan salah postur ini. Jika postur tubuh Anda ndak align, pada akhirnya Anda akan mulai merasakan sakit.

Postur Tubuh yang Benar tu Menyehatkan!

Postur tubuh yang benar berguna banyak bagi kesehatan. Berdiri dan duduk secara benar bisa mencegah linu, ketegangan otot, dan membantu mencegah sakit di daerah punggung, pinggang, dan leher. Postur yang bagus juga membantu otot untuk bisa bekerja dengan lebih efisien, yang berguna untuk mencegah kelelahan. Bagian yang menyenangkan bagi saya adalah bahwa kita bisa bernafas dengan benar dan lega dari daerah perut berkat postur yang benar.Energi yang didapat dengan pernafasan dalam inilah yang membuat Anda punya pasokan energi lebih banyak.

Memastikan diri dalam postur yang benar emang kedengarannya udah jelas, tapi coba kita evaluasi lagi:

Duduk – Klo duduk, pundak tu ditarik ke belakang dan punggungnya tegak. Posisi kaki sebaiknya membentuk sekitar 90 derajat dari tubuh. Jaga supaya leher, punggung dan tumit tumit dalam posisi yang sedemikian rupa tertata sejajar secara vertikal . Hindari hasrat untuk duduk bergaya malas (pinggang menyentuh dudukan alih2 sandaran).

Berdiri – Ketika berdiri, tahan kepala agar tetap tegak dengan dagu sedikit saja ditarik ke atas. Kedua pundak ditarik secara proporsional ke belakang, dada dibusungkan dan perut dilangsingkan agar tidak menunjukkan kemajuan yang terlalu kentara :mrgreen: . Mirip ketika bicara kungfu peremuk tulang Chinmi, pengalokasian berat tubuh tidak sebaiknya diletakkan pada tumit maupun jari kaki. Lengan Anda sebaiknya menggantung secara alami.

Secara umum, yang penting tu mengupayakan agar tulang belakang tetap lurus sebisa mungkin. Silahkan lihat perubahan pada hilangnya gejala2 sakit pinggang setelah Anda melakukannya setelah beberapa waktu.

Postur Tubuh dan Kesehatan - USB Gadget

Tanpa bermaksud ngiklan, ini ada USB gadget yang bisa ngingetin klo2 kita sedang berada dalam postur tubuh yang jelek. Alat ini akan menyalakan alarm ketika kepala kita terlalu dekat dengan monitor. Saking pentingnya perihal postur tubuh yang benar ini sampe2 ada dibikinkan alat khusus untuknya.

FYI, ternyata pengaturan postur tubuh yang benar bukan hanya sekedar memperbaiki sikap berdiri dan duduk. Referensi berikut menunjukkan beragam kebiasaan postural produktif untuk meningkatkan kesehatan.

banner ad

7 Responses to “Postur Tubuh yang Benar tu Menyehatkan!”

  1. erander says:

    Bener banget pak .. saya juga pernah baca, kalo gesture tubuh keliru, akan mengakibat salah urat. Makanya, kemudian berkembang ilmu ergonomi ketika merancang furniture yang nyaman buat kita. Kelemahannya, karena itu sifatnya individual, maka harga furniture itu jatuhnya jadi mahal.Setiap manusia kan beda2 ukurannya. Bisa jadi tingginya sama, tapi panjang tangan dan kaki bisa beda. Belum lagi matanya, ada yang minus atau plus .. macem2 deh. Jadi .. perlu banget kita tahu tentang ilmu paal tubuh pak. Postingan ini yang sangat membantu pak dalam memilih gadget.

  2. Kreshna says:

    Judulnya pas banget. Begitu lihat judulnya saya langsung ingat dengan Alexander Technique. Saya pikir mas Guntar akan bahas soal ini, karena biasanya teknik ini selalu dibahas ketika sebuah pembicaraan menyinggung hubungan antara postur tubuh yang benar dan kesehatan. Ternyata gak dibahas ya, so mungkin mas Guntar bisa cek ke wiki buat referensi awal aja. Great post as always, btw…

  3. Ajie says:

    makanya saya kalo coding di komputer gak pernah lebih dari setengah jam pasti langsung ke wc atau jalan-jalan dulu godain staff di lantai lain, ternyata menyehatkan lho …. jadi gak cuma duduk berjam-jam yang pada akhirnya justru ‘menabung’ penyakit 🙂

  4. Akhmad Guntar says:

    Erander:
    Betul, Mas. Ilmu ergonomi memang sangat berguna. Klo aja ilmu ndak pernah ada, maka kita semua akan jadi generasi yg penuh salah…salah urat :mrgreen:

    Kreshna:
    Waktu mbikin posting ini, sama sekali aku ndak kepikir ttg Alexander Technique yg Kreshna maksud :mrgreen: Makasih banget udah ngasih reference yg berguna 😛

    Ajie:
    Habis ngoding ganti postur tubuh dg berdiri & jalan2 memang bagus. Tapi kenapa kok nggodain staff juga masuk jadi tips utk membentuk postur yg bagus, Mas :mrgreen:

  5. cornal says:

    duh, tbh yg sehat ntu tbh yang ideal, tegak, bguspkoknya tbuh ideal kya tbuh gw,he,,,,,,,,,,,

  6. gramatolina says:

    artikelnya bermanfaat mas u sy. sepakat n setuju bgt mas…ERGONOMI PENTING bgt untuk Manusia…dan ilmu ni terus berkembang..ilmu masa depan…I mau jd ERGONOM…doain ya mau S3 ngambil Ergonomi lg….trims

  7. @ gramatolina: ditunggu bukunya ya 🙂 Atau klo Anda sudah punya tulisan tentang itu bisa saya pertimbangkan untuk diposting di sini 🙂

Trackbacks/Pingbacks

  1. trustcosurabaya.com » Postur Tubuh yang Benar tu Menyehatkan! - [...] bisa membaca tulisan ini secara lengkap melalui link berikut ini: Postur Tubuh yang Benar tu Menyehatkan! Ditulis…

Leave a Reply