Ponsel Sudah Jadi Candu?

Kecanduan ponsel

Biarpun yang berikut ini datanya dari Amerika, tapi bagaimana dengan kita di Indonesia?

Remaja US pada umumnya mengirim dan menerima 3.417 SMS per bulan, dan remaja cewek bisa mencapai 4.000 SMS tiap bulannya. Itu artinya 7 sampai 8 SMS setiap jam terjaga. 8 dari 10 siswa tidak bisa tidur nyenyak, kebanyakan karena ‘harus’ bangun utk membalas SMS/email. Pengennya bisa terus terkoneksi dg teman, tapi jadinya malah mendzolimi diri.

Separuh pasar smartphone Amerika dikuasai Android. Separuh rumah tangga Amerika memiliki produk Apple. Sepertiga pelajar SMA Amerika memiliki iPhone. Di Cina, gara2 merasa tertipu, seseorang sampai tega membunuh penjual iPhone palsu.

Ponsel sudah jadi candu?

Tak bisa tahan diam satu jam tanpa ‘memandangi’ ponsel. Di meja makan saat bersama keluarga, ponsel biasanya nangkring di sebelah piring. Saat bersama keluarga, dg ponsel pada sibuk terkoneksi, tp dg siapapun yg bukan keluarganya sendiri. Sampai2 ada istri/suami yg sibuk curhat ‘via ponsel’ dan tidak ke pasangannya sendiri.

Wis ta la, ponsel jaman sekarang memang keren :-p

banner ad

One Response to “Ponsel Sudah Jadi Candu?”

  1. Haikal says:

    Kecuali memang keharusan pekerjaan untuk stand-by on-call, semua orang berhak (dan sebaiknya?) untuk membatasi masa ‘connected’ ke yg namanya hape kan?

    Ujang: (intonasi mengamuk) Eh, kamu kenapa sih ga ngangkat telpon saya, udah se-jam lebih, saya coba telp terus ga pernah diangkat
    Butet: (intonasi santai) Oh, iya, saya kalo lagi main sama anak memang biasa matiin hape, masukin laci, (trus lacinya dikunci :P)
    Ujang: Loh, ga bisa gitu dong.. saya kan lagi butuh banget sama konfirmasimu!!!
    Butet: Ya kan bisa di-sms, nanti kalau saya udah nyalain hape lagi, saya balas deh sms nya :D :D Toh saya tidak pernah menjanjikan untuk sedia stand-by on-call selama jam kerja :D

    *yang salah siapa dong

    sepertinya yang akan terjadi adalah siapa-butuh-siapa :)
    btw, (klo blum kelar) Mas Guntar moga lekas kelar ya thesisnya :D

    Aamiin buat doanya
    Judul thesisnya apa mas? eh, pasti lagi sibuk ya.. masa sempat balesin comment :P

Leave a Reply