Ulang Tahun & Kematangan

Saya kira setiap orang punya hari istimewa. Entah itu ulang tahun, lailatul qadr atau hari jadi bisnis yg dibangun sendiri. Yg jelas di sana ada kejadian penuh makna yg dirasa layak untuk dikenang atau dirayakan.

Hari Ahad tanggal 26 kemaren saya berulangtahun (jangan tanya ultah keberapa, anggep aja 24 :mrgreen: ). Dan saya berterima kasih pada semua temen2 yg membuat ultah saya sedemikan menyenangkan. Bener deh; Ngga ada loe (semua) ngga rame πŸ˜›

ultah - ndak imut lagi
Kebanyakan orang menjadikan ultah sbg momen utk melakukan instropeksi dan ajukan pinta pada Sang Pencipta. Meski saya terbiasa tuk jadikan ramadhan dlm lakukan semua itu, tapi ndak ada salahnya ultah dijadikan momen pengingat resolusi ramadhan.

Salah satu issue terpenting di beberapa ramadhan kemaren adl kematangan diri, untuk jadi lebih bijak dan efektif dalam bersikap (& berucap).

The first sign of maturity is the discovery that the volume knob also turns to the left.
–Jerry M. Wright

Kedewasaan bisa diartikan tahu kapan saatnya berhenti, untuk melihat sejenak tingkah polah diri dari kejauhan, untuk melihat apakah diri sudah berlari ke arah yg benar serta untuk memastikan apakah kita jadi manusia yg lebih baik dalam perjalanan itu.

Saya pikir semua orang bijak ndak akan mau jadi lebih muda; malu dg perilaku ceroboh di masa lalu. Dan saya yg belum cukup bijak ini suka sekali untuk memikirkan, “Apa2 aja ya yg sekiranya akan disesali oleh Guntar di usia 30 & 40 tahun atas tindak tanduk Guntar yg sekarang ini (yg 24tahun :mrgreen: )”. Cara yg begini ini terbukti efektif bagi saya untuk konsisten dg prinsip “Aku ndak akan pernah menyesali apa2 yg udah aku putuskan dan jalani, seberapa salahnya pun itu pada akhirnya”. Karena sejak awal saya sudah berhati2 dlm bersikap & memilih kebiasaan.

Birthdays are good for you. Statistics show that the people who have the most live the longest.
–Larry Lorenzoni

Tapi kita tahu sama2, bertambahnya umur berarti berkurangnya usia kita di dunia. Dan jika kita adl orang yg sepakat dg konsep kehidupan sesudah mati, maka kita pun tahu apa2 yg secara riil bisa jadi pengantar kita menuju ke sana. Sehingga Ada baiknya bila kita lantas scr cermat memikirkan “Apa2 aja yg sekiranya akan kita sesali sewaktu di akhirat (atau alam kubur nanti) atas tindak tanduk kita yg sekarang ini”.

Saya sendiri, nggak mungkin nggak, pasti lah ada banyak hal yg patut disesali dari tindak tanduk Guntar yg sekarang ini.
ulang tahun - menelurkan kebaikan
Selama ramadhan kemaren, saya menemukan bhw salah satu sikap kekanakan yg perlu saya kendalikan adl hasrat impulsif dalam menginginkan dan memimpikan sesuatu. Impulsifitas dalam taraf yg ringan misalnya kan pengen beli buku atau makanan tertentu, PS2 & game2nya, lalu hape atau apalah yg lain. I want it bad and I want it now: impulsif. Klo yang ini insya Allah saya udah bisa atasi sejak lama.

Tapi ada lagi impulsifitas yg sifatnya jangka panjang, yakni terkait dg harapan2 di masa depan. Klo saya kemaren bermasalah di sini; terkait harapan2 terkait dg apa2 yg ingin saya miliki dan lakukan, demi hobi & kesenangan.

Saya tu kan suka balapan (meskipun ndak segila Fahmy πŸ˜› ). Bagi saya, nyetir mobil (yg bisa ngebut) tu kesenangan, dan seneng sekali mendengarkan suara mesin menderu. Begitu pengen rasanya saya punya Mazda RX-8 dan lalu kebut2an & balapan seru di jalanan yg beraspal bagus, ndak terlalu ramai, pemandangannya bagus, dan lalu menang. Apakah itu bisa keturutan? Ya pasti bisa, Insya Allah. Tapi wasting banget.
Mazda RX-8 Guntar
Dibayangin aja deh; Ngumpulin 800 juta buat beli mobil & modifikasi, trus cari tempat kebut2an yg asyik (pastinya bukan di Indonesia), ngikut kursus nyetir dan balapan, nyari temen yg punya hobi dan kemampuan yg sama, trus ngalokasikan sekian waktu utk semua itu. Dan yg penting, saya harus menang dan ndak alami kecelakaan. Susah banget kan :roll: . Semua itu bisa menghabiskan berbulan2 bahkan beberapa tahun waktu produktif saya. Lantas apakah tujuan kesenangan itu membawa nilai tambah di “masa depan” nanti?

Saya kira tidak. Itu bukanlah amalan yg mengalir dan ilmu yg bermanfaat. Itu adl harapan yg kekanakan.

Orang sukses selalu punya kemampuan yg luar biasa dalam menunda kesenangan, berbagai bentuk immediate pleasure. Dan saya pikir salah satu bentuk kematangan kita bisa dilihat dari seberapa kuat kita menunda berbagai kesenangan “saat ini” (selama belum mati) untuk mendapatkannya di “masa depan” (kehidupan sesudah mati) nanti.

You are only young once, but you can be immature for a lifetime.
~John P. Grier

Masa muda adl masa investasi untuk bisa sejahtera di masa senja. Tapi masa senja sendiri terlalu singkat untuk dipake bersenang-senang. Dan malahan, usia di dunia ini terlalu singkat untuk penuhi segala bentuk harapan kesenangan yg saya punya. Bayangin aja, selain balapan, saya juga pengen menjalani peran sbg SWAT, petarung bela diri, agen rahasia, dan bahkan pembunuh bayaran. Dan semua itu demi kesenangan. Gosh! ini bener2 karena pengaruh game & pilem deh (blaming) :mrgreen:

Jika saya bisa cukup berdisiplin “saat ini”, saya amat sangat yakin bisa mendapatkan segala bentuk impian kekanakan yg terliar sekalipun (saya pengen bisa bertarung sambil terbang, spt di Dragon Ball) pasti bisa saya dapatkan di kehidupan sesudah mati nanti.

Untuk saat ini, cukuplah saya punya sikap kekanakan ngasih nama2 lucu bagi fase pendewasaan diri saya, dg nama Guntar level 2, Guntarionβ„’, Monster Edition, bahkan sampe mbikin logo & wallpapernya segala :mrgreen: . Biarlah, yg penting itu bisa menunjang saya utk jadi manusia yg lebih baik.

Saya doakan Anda semua juga jadi insan yg lebih baik setiap selesai ultah πŸ˜›

banner ad

16 Responses to “Ulang Tahun & Kematangan”

  1. aribowo says:

    ultah nya tanggal 26 kemaren kok baru sekarang di umum kan.
    btw selamat yach moga selalu di lindungi tuhan, murah rejeki dan sehat selalu.
    traktiran nya mana

  2. Hedi says:

    wah selamat deh, semoga banyak berkat πŸ™‚

  3. buchin says:

    kalo aku bukan gintarion tapi buchinion&tm???

  4. Eep says:

    Selamat Ulang tahun.., semoga panjang umur, diberkahi Tuhan, dan tetap rajin mengeluarkan tulisan inspiratif…

  5. fahmi jelek says:

    selamat ultah πŸ™‚
    jadi, kapan? πŸ˜‰

  6. fahmi jelek says:

    eh sek sek… sapa bilang saya gila? ha? saya ini normal2 aja, orang sedunia yg gila!

  7. jelajahdunia says:

    ooh ya… silahkan kalau berkenan menambahkan link tersebut pada situs ini ( http://www.mediamuslim.info dan lainnya ). Terima Kasih Banyak. semoga kami menjadi referensi yang menyenangkan bagi anda

  8. fahmi jelek says:

    hehehhh kerasukan spam :p
    besok pasang akismet or something deh tar πŸ˜‰

  9. MaIDeN says:

    Guntar ?

    Nama yang aneh ….
    Ngingetin gw nama a virus dijaman bahula dulu …

  10. dika says:

    masih monster edition? πŸ™‚ Met ultah de. Semogacita2 dan resolusinya tercapai πŸ™‚

  11. haikal says:

    24 th, hmm .. boleh lah .. πŸ˜›
    semoga dikaruniai usia yg barokah, luas rezekinya, & jd makin banyak bersyukur .. amiin ^_^
    .. kata orang bijak..
    usia bukan bilangan umur, tp bilangan kesadaran..

  12. arul says:

    maaf terlambat banget….
    selamat ultah…

    still remember me?

    anyway mo nanya gimana cara buat… wordpress, bisa pake nama blog terserah kita…
    kayak bintangtauladan … bukannya awalnya bintangtauladan.wordpress.com

  13. dodski says:

    mampir ke sini dan mengucapkan selamat ultah mesti iku telat bgt, hehehe πŸ™‚

  14. kurniawanto says:

    Mas guntar, met ULTAH yah..

    Yang terpenting adalah jangan dilihat kapan aku ngucapinnya tapi maknanya… Halah alesan. Wis telat, telat ae…:P

  15. sima says:

    Walupun telat ucapannya, yg penting bisa bersilaturahmi ke sini.

Leave a Reply