Kebiasaan Orang Kaya Bertransaksi

Orang-orang kaya di Amerika pada umumnya ternyata punya kebiasaan transaksi yang menarik. Hal ini menunjukkan sikap mereka pada setiap bentuk pengeluaran. Pada setiap kali jenis transaksi, mereka melakukan aktifitas tambahan hingga beberapa menit. Tapi inilah yang kemudian diyakini sebagai salah satu bentuk kebiasaan efektif orang-orang kaya. Dan ternyata saya cuman punya dua diantaranya. Byeh.

Kebiasaan bertransaksi mereka adalah sebagai berikut:


1.Mereka merencanakan bener pembelian mereka.
Yang ini saya punya nih ^_^.

2.Mereka mencari-cari, meminta dan seringkali dapet diskon
Tapi klo saya sih males, berat ama jarak dan waktu. Mending cari yang deket2 biarpun lebih mahal.

3.Mereka meminta dan selalu mendapatkan bon
Tapi saya mikir, masa’ klo beli nasi di warung pinggir jalan pake bon segala.

4.Mereka selalu mengecek bon, kali2 ada yang salah
Ndak ah… ngapain. Toh akhirnya bonnya saya buang :-p

5.Mereka dengan segera mengelompokkan pengeluaran berdasarkan kategori
Dulu sih saya melakukan, lewat software keuangan pribadi. Tapi sekarang nggak lagi.

6.Mereka membuat perhitungan debet kredit sampe setiap penny (rupiahnya)
Emang ribet, tapi emang membantu kita belajar menghargai uang.

7.Mereka menyimpan bon2 yang didapet segera setelah nyampe di rumah
Kecuali barang2 besar dan mahal, saya biasanya ndak pernah menyimpannya.

Belanja

Emang kebiasaan di atas memakan waktu hingga beberapa menit untuk setiap transaksinya. Bisa sampe lebih dari 10 menit setiap harinya. Tapi kemudian mereka bisa melacak setiap pengeluaran mereka, berapa tepatnya uang yang mereka sedang pegang, bagaimana perbandingan dari pengeluaran bulan ini dan kemaren, dan mereka juga bisa membaca trend pengeluaran. Mereka memang lebih awas dalam hal pengeluaran, dan hasil diraih bener2 sepadan dengan setiap menit yang mereka habiskan untuk memelihara kebiasaan bertransaksi itu.

Kebanyakan orang ndak melakukannya tapi, termasuk saya. Yang gawat jika kemudian klo kita bahkan ndak merencanakan pembelian kita. Padahal hal ini aja udah meningkatkan angka pengeluaran hingga 10 persen (tau’ ngitungnya gimana, saya mbaca dari buku).

Enaknya ditiru nggak ya 🙂

banner ad

3 Responses to “Kebiasaan Orang Kaya Bertransaksi”

  1. owner says:

    bagus mas gun… =D>

    mampir juga di punyaq ya..
    baru nongol juga kecil2an..

    http://kamal-e.blogspot.com/
    dan
    http://kamal-e.blogspot.com/

    senang sekali kalo mas Gun yang hebat sudi mampir 🙂

  2. I like american way to control their money. But sometimes we need to consider the effectiveness of tome and energy.  soooo, I do agree with You

    andy prasetyo’s last blog post..THE 165 ESQ

  3. aang darmawan says:

    bener juga sih mas Guntar.
    kita perlu juga belajar dari mereka tentang cara mengelola uang

Leave a Reply