Jangan Kebanyakan Mandi

Cat bath

Anggapan umum: makin sering mandi, makin bersih jadinya. Betul. Tapi mandi keseringan justru buruk bagi kesehatan kulit [1].

Kita mempunyai stratum corneum sbg lapisan terluar kulit yang merupakan barrier terbuat dari sel kulit mati yang mengeras. Dia merupakan pelindung dari lapisan hidup dan sehat di bawahnya. Dia juga masih memiliki kandungan lemak yang menjaga kelembaban kulit.

Makin sering mandi —terutama dg air panas, sabun dan perangkat menggosok— makin sering kerusakan terjadi dan semakin berkurang waktu bagi kulit untuk meregenerasi. Lapisan terluar kulit rawan jadi rusak hingga lapisan dalamnya jadi terekspos. Akibatnya: kulit jadi rawan teriritasi, kering dan pecah-pecah. Chemistry kulit setiap orang memang beda, tapi kita bisa coba mandi dua kali sehari, mandi yang ke-2 tidak perlu atau sedikit saja pake sabun.

Dan demi menjaga kesehatan lapisan terluar kulit ini, tak usah juga terlalu mengandalkan handuk. Cara mengeringkan tubuh paling baik adalah dg diangin-angin. Jika pake handuk, gunakan yang berbahan lembut dan bukan digosok-gosok melainkan ditepuk-tepuk.

[1] Larson, Elaine (2001) “Hygiene of the skin: When is clean too clean?” Centers for Disease Control. December 8, 2001.

banner ad

Leave a Reply