Empat Mitos Seputar Tes Wawancara Kerja

Guntar - Empat Mitos Seputar Tes Wawancara KerjaSalah satu sebab mengapa banyak orang gagal menjalani tes wawancara adalah karena beberapa salah paham terkait apa yang benar-benar terjadi pada saat tes wawancara dilangsungkan. Saya menyebutnya sebagai mitos tes wawancara.

Setiap kita udah tau bahwa tujuan dari tes wawancara adalah untuk mencari orang2 terbaik untuk pekerjaan yg ditawarkan, tapi masih banyak yang belum paham tentang apa-apa yang membuat seorang kandidat bisa unggul ketimbang yg lain.

Mitos Pertama: Orang dg kompetensi terbaik lah yang akan dapet kerjaannya.

Kadang emang betul, khususnya pada situasi di mana masing2 sudah sama tau, semisal perusahaan yang melakukan reruitmen internal. Namun seringkali bukan seperti itu yang terjadi. Lolosnya seseorang dalam tes wawancara kan dipengaruhi oleh banyak hal. Semisal saja si pewawancara tau betul pertanyaan apa saja yang perlu ditanyakan serta bagaimana mengetahui tingkat kejujuran dari jawaban yang diberikan. Dua hal ini terkesan remeh, tapi nyatanya banyak pewawancara yang ndak pernah ikut training ttg job interview dan kurangn berpengalaman mewawancara, atau sekedar ndak punya waktu untuk menyiapkan bahan wawancara. Belum lagi ketika si pewawancara sedang bad mood.

Di dunia yang ideal, maka orang dg kompetensi terbaik lah yang akan jadi pemenang. Tapi nyatanya, seringkali mereka yang jago di tes wawancara lah yang jadi pemenang. Pembelajaran penting di sini adalah ketika pada saat wawancara Anda ketahui di sana ada orang yang Anda tau secara kompetensi & wawasan lebih jagoan ketimbang Anda, maka jangan keburu minder. Perangnya lho belum dimulai. Sebaliknya, jika Anda merasa sebagai kandidat paling jagoan di antara yang lain, maka jangan juga keburu mayak hingga meremehkan tes wawancara.

Orang dengan kompetensi terbaik tidak lantas jadi pemenang – seringkali mereka yang performa tes wawancara nya bagus lah yang jadi pemenang.

Mitos Kedua: Yang penting tu bisa jawab pertanyaan – dan juga kasih jawaban panjang biar terkesan pintar.

Memang tes wawancara kerja ada kemiripan dengan ujian sekolah dalam perihal sama2 ada pertanyaan yang kudu dijawab dengan benar. Tapi beda dengan ujian kuliah, tes wawancara juga mementingkan aspek interaksi dan komunikasi empatik sembari Anda mengemukakan jawaban2 pintar. Yg penting tu bukanlah jawaban panjang lebar. Orang dg skil dan pengetahuan itu banyak, tapi ndak banyak yg mampu mengartikulasikan gagasan mereka secara ringkas, nyambung, dan mudah dipahami.

Ada kemudian yg beranggapan kalo bisa jawab pertanyaan dg lebih baik ketimbang yg lain, maka dia lah yg menang. Tapi -Anda tahu lah- interview tu lebih dari sekedar ngasih jawaban pintar. Bahkan interview tu lebih dari sekedar berpenampilan rapi dan menawan. Anda juga perlu meyakinkan pewawancara bahwa Anda adalah orang yg menyenangkan untuk kerja sama. Anda perlu tunjukkan bahwa Anda adalah orang yg komunikatif dan bisa dipercaya.

Yg penting bukan banyak bicara. Konsekuensinya, malahan keharusan untuk ajukan pertanyaan di akhir sesi juga merupakan mitos. Ada anggapan bahwa hal tsb bisa menunjukkan bahwa si pelamar demikian tertarik dan juga pintar. Hal ini tidak benar. Ajukan pertanyaan sekedar karena formalitas tidak akan membantu Anda dapatkan pekerjaan – apalagi bila yang Anda tanyakan adalah hal2 yg sebenarnya sudah dibahas dg jelas pada sesi wawancara.

silahkan lanjutkan di halaman 2
banner ad

27 Responses to “Empat Mitos Seputar Tes Wawancara Kerja”

  1. adit says:

    satu lagi (tapi ttng ini, tidak semua ditanyakan di sesi wawancara sih)kita kadang menganggap orang yg lolos wawancara adalah orang yg meminta gaji lebih rendah dari kompetitiornya

    adit’s last blog post..Thin, Solusi alternatif web server Ruby

  2. Paman Tyo says:

    Saya pernah diwawancarai dan pernah mewawancarai. Hasilnya? Sama-sama kacau! :D

    Paman Tyo’s last blog post..Ketika “Lancar” Terpasang, Kemacetan pun Datang

  3. wah.. tambah pengetahuan aku tentang wawancara

  4. masboi says:

    wawancara kerja? anggap aja ngobrol dengan teman… lebih nyaman, lebih enteng. nggak perlu nervous.

  5. Akhmad Guntar says:

    Adit:
    Betul sekali, mas Adit. Ketika kita minta gaji yg rendah, employer malah bertanya2, Anak ini kok gak pede ama dirinya sendiri. Sampe2 dirinya sendiri aja dihargai rendah.

    Paman Tyo:
    Klo saya lebih sering mewawancara. Dan sering geli sendiri ngeliat mereka2 yg bertingkah polah menggelikan selama wawancara berlangsung :mrgreen:

    MasBoi:
    Nyatanya, ada lho model wawancara yg emg dibikin santai gitu. Mulainya pas sebelum dan juga sesudah wawancara resmi. Mereka yg diwawancara ndak ngerti, ngirain itu nggak masuk di penilaian.

  6. fuad syamee says:

    Sepulang nanti aku akan latihan didepan kaca untuk persiapan diwawancarai lantaran menjadi seorang presiden baru.ha..ha..ha…

  7. infogue says:

    terimakasih, artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:http://karir-pekerjaan.infogue.comhttp://karir-pekerjaan.infogue.com/empat_mitos_seputar_tes_wawancara_kerjaanda bisa terus promosikan artikel anda di http://www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita dan beberapa pilihan widget lainnya yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  8. icha says:

    makachi aku jadi tahu skr

  9. “Dengan senang hati saya akan menanggapi pertanyaan Bapak/Ibu, namun
    perlu saya sampaikan di awal bahwa ini bukanlah bidang di mana saya
    familiar dengannya. Tapi saya tertarik untuk meningkatkan pengetahuan
    saya tentangnya.”alhamdulillah…kalimat ini menambah perbendaharaan pengetahuan saya.semoga kelak dapat bermanfaat…terimakasih

  10. alo Pak Guntar :) Lama tidak ber-sua :)Artikel yg menarik…seringkali org yg mau diwawancara menjadi gugup, bicaranya terburu-buru, gelagapan ataupun “terlalu” berusaha “keras” untuk memberi jawaban yang “panjang” ataupun terkesan “pintar” tapi akhirnya ternyata “usaha”-nya itu yg membuatnya gagal dlm wawancara.. Kasihan dech.  Yang terpenting adalah ketulusan hati untuk mau bergabung di new company dan mau bekerja keras untuk ikut memajukan the new company. Sehingga apa2 yg mau diomongkan dgn sendirinya akan terbentuk.best rgds,-soeki-ym id: globalgsn .

  11. komoko says:

    Artikelnya menarik dan unique…ada baiknya sedikit ditambah dengan hal-hal tabu dalam wawancara pekerjaan, seperti pada blog http://www.tipsanda.com : <a href=”http://tipsanda.com/2008/10/14/tips-aman-menjawab-jebakan-wawancara-kerja/”>tips aman menjawab jebakan wawancara</a> , agar bisa lebih membantu rekans yang lain. terima kasih..

  12. Wah, saya parno dengan wawancara, bingung gagal melulu nih… :(salam kenal btw dari – s L i K e R s -

    - s L i K e R s -s last blog post..White Tiger Swimming

  13. Ali Nahwi says:

    Nice Articles, thanks for this, I really liked your blog!

  14. Ali Nahwi says:

    Wah makasih artikelnya boss….sangat berguna sekali..semangat terus ya..

  15. wah thx pak buat informasinya……
    pengalaman saya tentang interview persis sprti artikel bapak…
    ya saya rasa semua org pasti beranggapan seperti itu ttg interview.

    Pasang iklan baris tanpa daftars last blog post..Rp 15.000,- Bisa Mendapatkan Peluang Income $30-$200 per hari

  16. I found your blog on google and read a few of your other posts. I just added you to my Google News Reader. Keep up the good work. Look forward to reading more from you in the future. Thank you

  17. mael says:

    saya pernah ditanya begini: apa yg akan anda lakukan kalau mengetahui atasan anda melanggar aturan atau menyimpang ( contoh: korupsi)
    ada yg bisa bantu jawabannya?
    thx

  18. aLamathuR says:

    Klo pendapat saya, interview itu bersifat subjektif,, jadi walaupun banyak yang membahas trik2 dalam menghadapi interview kerja.. toh kenyataannya hal itu belum 100% terbukti benar.. dan itu hanya untuk memperbesar peluang saja..

    klo menurut saya, lolos enggaknya orang dalam tahap interview ditentukan oleh setidaknya 3 faktor : KOMPETENSI, SUBJEKTIFITAS si INTERVIEWER, dan DO’A yang kuat dari si pencari kerjaa… (dan itulah yang paling penting) , ya ga?

    artikel terkait : strategi mendapatkan pekerjaaan yang diinginkan. http://www.alamathur.com/2009/08/strategi-mendapatkan-pekerjaan-yang.html

  19. prima says:

    persomality baik, body langues baik,dan bahasa yang menunjukkan soft skill yang baik…itu pasti berhasil di dalam test wawancara..jika baru pertama sekali anggap lah suda yang ke sekian x mengahadapi itu..proseslah pertanyaan terlebih dahulu paling lama 3-6 detik.lalu berikan jeda pada tiap kalimat 1 detik…

  20. prima says:

    buat mael..mungkin bisa membantu..kalau prtanyaan nya seperti it kamu tinggal jawab,saya hanya akan bekerja sesuai kewenangan saya.,dan tidak mencampuri urusan tersebut,karena saya hanya akan bertindak sesuai prosedur yang berlaku,hal tersebut merupakan tanggung jawab pengawas.

  21. mira says:

    nepotisme dalam perekrutan karyawan?apa tanggapanmu?
    (saya pernah ditanya demikian!.jawaban singkat & mengena ap yg bisa saya lontarkan? :)
    tks.

  22. wulan says:

    Mas Guntar, melihat foto mas di web ini kok sepertinya wajah mas g asing y….
    Mas sekarang sedang menempuh kuliah di teknik industri ITS bukan???
    Wah tapi saya kagum dengan tulisan-tulisan mas ini…moga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Terima kasih

  23. Wah bener2 info yg menarik nihhh… mantapfff !

  24. Abu Acho says:

    Kalo wawancara kerja ini terkadang tergantung pewawancaranya juga sih. Kadang saya bisa dengan lancar menceritakan kompetensi kita dengan baik, kalo si pewawancara memang sangat open, ramah, dan tidak terkesan sebagai seseorang yang sedang meng-investigasi seseorang. Namun, kadang juga saya merasa sangat grogi jika yang pewawancaranya bersifat kaku dan tidak ramah.

  25. Fed up with getting low amounts of useless traffic for your website? Well i want to tell you about a brand new underground tactic that makes myself $900 per day on 100% AUTOPILOT. I could truthfully be here all day and going into detail but why dont you merely check their site out? There is a excellent video that explains everything. So if your seriously interested in producing quick money this is the website for you. Auto Traffic Avalanche

  26. So Ghiorso says:

    It is real joy to study you blog!

Trackbacks/Pingbacks

  1. trustcosurabaya.com » Empat Mitos Seputar Tes Wawancara Kerja - [...] bisa membaca artikelnya secara lengkap pada link berikut: Empat Mitos Seputar Tes Wawancara Kerja Ditulis oleh Akhmad …

Leave a Reply