Do’a Mantap untuk Ulang Tahun, Umroh dan Haji

Hari ini saya berulang tahun. Meskipun teman2 startup business saya telah pernah membuat ulang tahun menjadi serasa istimewa, tapi tetap saja saya belum pernah menganggap ulang tahun sbg momen yg luar biasa. Namun ulang tahun kali ini teramat istimewa dengan adanya istri saya yg tercinta Ameilia. Sudah hampir satu tahun ini kami menikah, dan di ulang tahun saya ini, istri saya benar-benar membuat saya mengalami keindahan ulang tahun yg sesungguhnya. Ukurannya bukan sekedar di satu hari ulang tahun saya, melainkan betapa selama hampir setahun ini dia sudah benar2 menjadi kekasih, sahabat dan juga mentor yg luar biasa bagi saya.

Tentunya, semuanya jadi luar biasa hanya karena Allah Yang Maha Pemurah telah limpahkan barokah dan kasih sayang Nya. Sehingga di Ulang Tahun ini, tidaklah cukup sekedar berucap dan memuji kebesaran-Nya, melainkan juga menegaskan betapa saya yg lemah ini begitu membutuhkan pertolongan dan ridho-Nya.

Berikut adalah do’a yg saya panjatkan di sholat lail malam tadi. Bukan untuk diri sendiri, namun juga buat istri. Ini adalah do’a yg juga saya baca pada saat umroh ramadhan kemarin. Do’a ini dikompilasi dari berbagai do’a tuntunan Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sholihin. Bacaan do’a dalam bahasa Arab memang amat afdhol, namun bagi yg belum paham bahasa arab spt saya, bacaan terjemah seperti ini amat membuat hati berkesan.

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin 3x

Hamdan Yuuwaafii ni’amahu wayukaafii maziidah. Yaa robbana lakal hamdu kamaa yambaghii lijalaali wajhika wa’adhiimi sulthoonik. Wa shollal loohu ‘alaa sayyidina muhammaddin wa’alaa aalihii wa shohbihii ajma’iin.
(Segala puji bagi Allah yang menguasai sekalian alam. Pujian yang memadai nikmat-Nya yang selaras dengan kebaikan-Nya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu segala puji yang layak bagi keagungan dan kebesaran kekuasaan-Mu. Sholawat serta salam semoga tetap dilimpahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad Saw, keluarga dan sahabat-sahabat semuanya.)

Ya Allah, Ya Bashir, Yang Maha Melihat, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui rahasia kami yang tersembunyi dan amal perbuatan kami yang nyata, maka terimalah ratapan kami. Engkau Maha Mengetahui keperluan kami berdua, maka kabulkanlah permohonan kami.

Ya Allah Ya Rohman Ya Rohiim, tolong mantapkanlah aqidah kami, sempurnakanlah ibadah kami, dan baguskanlah akhlak kami. Jadikanlah kami benci pada perbuatan kufur, fasiq, maksiat dan durhaka serta masukkan kami pada golongan orang2 yang mendapat petunjuk. Sesungguhnya kami bermohon kepada-Mu iman yang kekal, yang terus melekat dalam hati kami. Kami bermohon agar Engkau berikan pada diri kami keyakinan yang sungguh2 pada diri-Mu sehingga kami mampu mengetahui bahwa tiada sesuatu yang menimpa kami berdua selain dari yang Engkau tetapkan bagi kami. Maka tolong jadikan kami berdua rela terhadap apapun yang Engkau bagikan kepada kami.

Ya Allah Yang Maha Pengasih lebih dari segala yang pengasih, sesungguhnya Engkau adalah pelindung bagi kami di dunia ini dan di akhirat nanti. Sebagaimana Engkau telah menunjuki kami berdua untuk memilih Islam, maka tolong janganlah Engkau mencabutnya dari diri dan hati kami. Ya Allah Ya Waliyy, Yang Maha Melindungi, lindungilah kami dari murka-Mu dan siksa neraka. Berilah kepada kami khusnul khotimah, sudahilah amalan kami dengan kebaikan.

Wafatkanlah diri kami berdua dalam keadaan muslim dan dalam keadaan khusnul khotimah. Tolong wafatkan kami dalam iman dan Islam secara sempurna dalam keridhoan-Mu, dan gabungkanlah kami berdua ke dalam orang2 yang sholeh dengan tanpa nista dan cobaan.

Ya Allah Ya Ghoffar Ya ‘Afuuw, Yang Maha Mengampuni Yang Maha Pemaaf, ampunilah segala dosa2 kami, dan condongkan diri kami pada kebaikan. Tolong peliharalah daging dan kulit kami berdua dari siksa kubur dan neraka. Dan janganlah Engkau hinakan kami berdua di hari kiamat nanti. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji. Berilah kepada kami berdua taubat nasuha dan taubat sebelum mati, ketenangan ketika hendak mati, keampunan dan rahmat sesudah mati, keampunan ketika dihisab, serta berilah kami cahaya dan perlindungan kelak dalam kubur kami.

Ya Allah, Ya Wahhab, Yang Maha Penganugerah, cintakanlah kami pada iman dan peliharalah ia di hati kami. Bencikanlah kami pada perbuatan kufur, fasiq, maksiat dan durhaka, serta masukkanlah kami berdua dalam golongan orang2 yang mendapat petunjuk. Ya Allah Ya Fattaah Ya ‘Aliim, berilah kami berdua tambahan ilmu pengetahuan dan gabungkanlah kami berdua ke dalam kalangan orang-orang yang sholeh dan berilmu.

Ya Allah, Ya Haadii Ya ‘Aliim, Yang Maha Pemberi Petunjuk Yang Maha Mengetahui, berikanlah kepada kami hidayah untuk berbuat baik dan menuntut ilmu, dan tetapkanlah kami pada kebaikan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami. Berilah kami kemampuan untuk berada dalam kebaikan dan kebenaran serta menjauhi apa2 yang Engkau larang dan perbuatan sia-sia. Berilah kami ilmu yang bermanfaat bagi urusan akhirat kami. Berilah kami ilmu yang bisa melancarkan urusan dunia kami.

Ya Allah, Ya ‘Aliyy Ya Hasiib, tolong terimalah amalan kami. Berilah kami petunjuk dan kekuatan untuk mampu selalu taat dan bersyukur kepada-Mu. Rahmatilah kami sehingga mampu meninggalkan segala kejahatan selama hidup kami, dan rahmatilah kami sehingga mampu tinggalkan segala keburukan dan hal2 yang sia-sia. Karuniakanlah kepada kami sikap pandang yang baik terhadap kebaikan dan segala yang membuat-Mu makin ridho terhadap diri kami.

Ya Allah Ya Ghoffar, Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau. Kami bermohon agar Engkau hapuskan apa2 yang Engkau ketahui dari dosa kami. Ampunilah kesalahan kami terhadap-Mu, dan bebaskanlah kami berdua dari padanya. Hindarkanlah diri kami dari dosa terhadap sesama manusia, dan bebaskanlah kami berdua dari padanya.

Ya Allah Ya Ghofuur, janganlah Engkau biarkan di diri kami suatu dosa pun kecuali Engkau ampunkan, tiada kesusahan dalam diri kami kecuali Engkau lapangkan, tiada suatu hajat keperluan kecuali Engkau penuhi dan mudahkan. Mudahkanlah segenap urusan kami dan lapangkanlah dada kami, terangilah hati kami dan sudahilah seluruh amal perbuatan kami dengan amal yang sholeh.

Kami berdua berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah kami perbuat, serta keburukan2 yang ditimbulkan darinya. Kami juga berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang bersembunyi di waktu malam dan siang hari.

Kami berdua bermohon kepada-Mu segala kebaikan baik yang cepat maupun lambat dan berikanlah kepada kami rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segenap yang pengasih.

Sesungguhnya kami mengakui segala nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami. Tolong cukupkanlah diri kami dan keluarga kami dengan harta dan rizki-Mu yang halal, hindarkan dan jauhkan kami dari segala yang haram. Puaskanlah kami dengan nikmat dan anugerah yang telah Engkau berikan, dan gantilah apa-apa yang hilang dan lepas dari kami dengan kemurahan dan kebajikan dari-Mu.

Kami berdua bermohon pada-Mu kebaikan yang diminta oleh hamba2-Mu yang sholeh. Dan kami berlindung pada-Mu dari kejahatan yang hamba2-Mu yang sholeh meminta perlindungan dari padanya. Berilah kepada kami apa2 yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantara rasul-rasul-Mu. Ya Allah, kami berdua bermohon kepada-Mu kebaikan yang dimohonkan oleh Nabi-Mu, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam dan kami berlindung pada-Mu dari kejahatan sebagaimana yang diminta oleh Nabi-Mu Muhammad Saw. Buatlah diri kami lebih mengenal Rasul-Mu, dan gerakkan serta mudahkan kami dalam meneladani Rasul-Mu Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Ya Allah, kami berdua bermohon kepada-Mu iman yang sempurna, keyakinan dan aqidah yang benar, ibadah yang baik, akhlak yang bagus, rizki yang halal, baik, luas dan berlimpah, hati yang khusyu’, lidah dan hati yang selalu berdzikir kepada-Mu.

Ya Allah Ya Jabbaar Ya Qowiyy, Yang Maha Perkasa Sang Maha Sumber Kekuatan, berilah kami kesehatan dan vitalitas fisik sepanjang usia kami, agar kami bisa kuat dan giat beribadah kepada-Mu dan juga mampu memberikan kemanfaatan bagi seluruh makhluk-Mu. Berilah kami kekuatan hingga mampu saling mengingatkan dalam taqwa dan kebaikan.

Tolong berikanlah kepada kami surga-Mu, segala nikmat di dalamnya dan apapun yang bisa mendekatkan kami kepadanya, baik dari ucapan maupun amal perbuatan. Lindungilah kami dari neraka-Mu serta apapun yang bisa mendekatkan kami kepadanya, baik dari ucapan maupun amal perbuatan.

Subhana robbika robbil ‘izzati ‘amma yashifuun wa salaamun ‘alal mursaliin. Wal hamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

[diakhiri dengan bacaan Al Fatihah]

banner ad

29 Responses to “Do’a Mantap untuk Ulang Tahun, Umroh dan Haji”

  1. Fauzy Hanan says:

    selamat ulang tahun kawan, selamat berbahagia dalam merayakan indahnya bertambah usia… barakallahu…semoga dengan usia yang ada bermanfaat bagi sesama dan berkah dihadapan-Nya.

  2. Selamat ulang tahun mas..Btw, baca doanya boleh sambil baca?Apa harus hapal :D

  3. aRuL says:

    selamat yah mas..
    indahnya suasana kalo sudah beristri :)
    saya turut mengaminkan doanya :)

  4. botonk says:

    aaaaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmmiiiiiin…….

  5. yuda harja says:

    semoga diberikan usia yang barokah.amin

  6. bangzenk says:

    aamiin ya rabbal’aalamiinkeep move forward, pak!

  7. nuning says:

    Happy B-Day to You~~!! Happy B-Day Tooo Youuu~~~!!! maaf telat nyadarnya.. hiks hiks.

  8. Fahmy says:

    Salam mas Guntar. Met ultah ya mas… yang ke…..? terima kasih telah menjadi sahabat perjalanan selama beberapa tahun terakhir. Semoga tahun-tahun kedepan semakin mencerdaskan pemikiran dan tindakan. Semakin dewasa dan profesional. Selamat datang di kehidupan baru.. :)

  9. el-Fannan says:

    Amieeeeeeeeeeen….selamat Mas Yaaaa

  10. Amiiin yaa Rabb
    .-= Ridwan Faizal´s last blog ..Wanita Salehah =-.

  11. Wisata Umroh says:

    Amin. mantap doanya. Ijinkan saya tiru ya.
    Terima kasih

  12. Riny says:

    terima kasih Mas sudah share do’a nya
    saya mohon izin unduh yaa ..
    terima kasih

  13. va says:

    do’a nya bagus…boleh saya izin copy?makash

  14. Lunandi Syaiful says:

    Amin..! ya Allah..! ya rabbal’aalamiin
    mohon izin Sy..! coy.. trims’s

  15. febry anggraini says:

    subhanallah, bagus doanya…
    izin share di blog saya ya Pak… (^_^)

  16. Agus says:

    Amin.. Doa’y sangat bagus.. Saya mohon izin untuk meng-copy doa’y.. Mudah2an menjadi ilmu yang bermanfaat..

  17. Aqilla says:

    Aminnnnn…..do’anya bagus dan lengkap, ijin copy n share….insya Allah sangat manfaat.

  18. ikhwan says:

    Assalaamu alaikum we wb, …Saya Ikhwan, belum lama kami sekeluarga pindah ke Qatar karena mengikuti pekerjaan saya disini dan berencana mau berangkat Umrah dalam waktu dekat ini. Mohon kiranya ijin dan keikhlasan Mas Guntar untuk kami meng copy terjemahan doa-nya, semoga hal ini menjadi Amal Saleh dari Mas Guntar.. Terimaksih.

  19. Haunan says:

    Subhanallah, do’anya indah bngt mas, sungguh saya benar2 tersentuh.
    kalo boleh saya minta ijin untuk mengcopy do’a ini mas, baik untuk diri saya sendiri dikala hati sedang gersang maupun untuk disampaikan kepada teman yang membutuhkan.
    semoga menjadi amal yang diterima disisi-Nya, amiin.
    terima kasih.

  20. Suhari says:

    doanya oke banget… tak kopi ya?

  21. Henyend Aulia Yusuf says:

    amiiiiiin…..doa yang bgs sekali…..
    mohon ijin buat ngopi jg yah….
    semoga lebih bermanfaat amin….

  22. Arif Hidayat says:

    Subhanalloh,
    ijin CoPas !
    syukron…

  23. andi says:

    Semoga doa nya di jabah oleh Nya
    mohon maaf kalo saya copy ya
    terimakasih

  24. 'nda says:

    Amien… (meskipun udah lama write nya, tetep mau amin-in :) )

    then…. happy besday to me :)

  25. Billy says:

    Subhanallah, bagus banget do’a nya Mas Ghun,
    Salam kenal.
    mohon ijin untuk di copy sangat berguna bagi kita bersama
    Wassalam
    Billy

  26. alfa yudi yuliansyah says:

    Mat Ultah Ya mas, Do’a nya bener2 menggugah hati…, aq numpang share yach, kebetulan kamis 31 maret ultah perkawinan kami yang ke 5 n sekaligus ultah isteri….!!! makasih yach mas!!!!

  27. Dans says:

    Izin copas gan…

    Waduh doanya sungguh indah
    yaps, qta turut mengamini

    thx…..

  28. iffah says:

    Makasih…doanya bagus banget….ujung ngopi yaaa….smoga jd amal sholeh …Amin

Leave a Reply