Bisnis 101: Hubungan Sebab Akibat dalam Bisnis

Dalam posisi saya sekarang di departemen Business Solution, saya belajar bagaimana melihat pertautan dari berbagai fenomena bisnis yang terjadi. Pemahaman mengenai bagaimana suatu bisnis berjalan itu ternyata lebih dari sekedar mengenal istilah2 bisnis dan memahami artinya. Namun juga pemahaman akan bagaimana istilah2 itu saling bertautan.


Semisal gini; Pengawasan inventaris yang buruk akan berdampak negatif terhadap angka pemesanan. Jika angka pemesanan merosot, kesetiaan pelanggan akan berkurang.

Contoh lain; piutang. Jika piutang tidak terkontrol, aliran kas akan terpengaruh. Sehingga perusahaan harus mengambil kredit (berhutang) untuk menutupi kewajiban2 jangka pendek, dan bunga yang harus dibayar atas uang pinjaman itu dapat mengurangi profitabilitas (kemampuan memperoleh laba).

Itu semua adalah Sebab-Akibat dalam bisnis dalam bentuk reaksi berantai. Dari hal semacam ketajaman bisnis terasah. Tapi biarpun kita bisa mempelajarinya, ternyata pelanggan punya persepsi sendiri tentang hubungan sebab akibat tersebut.

banner ad

Leave a Reply