Ber-Facebook dan ber-SMS mengkontribusi jeleknya nilai IP kuliah?

facebook-and-study-funny-cartoon-jokes.jpg

Para siswa dan mahasiswa, bersikaplah bijak dengan aktivitas ber-Facebook dan ber-SMS selama waktu belajar, demikian saran dari studi yang dipublikasikan di jurnal Computer & Education.

Sebenarnya ini adalah penelitian tentang bagaimana kaitan antara multitasking dan kinerja akademik, secara spesifiknya tentang bagaimana hubungan antara aktivitas penggunaan Facebook, SMS, ngobrol via telepon/internetphone, dan chatting dengan hasil belajar. Studi ini dilakukan terhadap 1.624 mahasiswa universitas.

Dalam temuan studi, ternyata hanya Facebook dan SMS yang diindikasi bawa pengaruh buruk pada kinerja akademik dalam bentuk nilai indeks prestasi (IP) yang buruk. Secara umum, ini adalah tentang betapa ber-Facebook dan ber-SMS merupakan suatu bentuk multitasking yang memburukkan kinerja apapun.

Khusus terkait multitask itu sendiri (tidak lantas dalam bentuk ber-Facebook dan ber-SMS), suatu studi sampai berani menyatakan bahwa orang yang bermultitask ketika mengendara (menyetir sambil menelpon) memiliki kinerja mengendara yang bahkan lebih buruk daripada yang sedang mabuk. Bahkan sekedar berjalan sambil menelpon juga memiliki efek yang potensial membahayakan, yang tidak bisa disamakan dengan ‘multitask’ berjalan sambil mengunyah permen karet.

Reynol Junco, salah seorang peneliti dari studi yang saya sebut di awal menyatakan bahwa ini tampak terkait pada bagaimana mahasiswa menggunakan teknologi itu sendiri. Artinya untuk kepentingan bimbingan dengan dosen terkait studi, mahasiswa akan lebih memilih email daripada SMS apalagi Facebook. SMS dan Facebook betul-betul lebih digunakan untuk bersosialisasi (dan menginterupsi proses belajar).

Memang ada kemungkinan bahwa kebetulan saja mahasiswa dengan IP buruk hobi ber-SMS dan ber-Facebook. Tapi Junco lebih jauh mengatakan, “Tapi, saya kira studi ini, dalam konteks yang terkait dengan studi lain, menunjukkan bahwa ini adalah betul-betul tentang apa yang dilakukan mahasiswa ketika mereka belajar”. Artinya bahwa mahasiswa yang ber-IP buruk memang suka menginterupsi dirinya dengan SMS dan Facebook.

Secara rerata, mahasiswa yang diamati dalam studi mengirimkan 97 buah SMS dan menghabiskan 101 menit di Facebook setiap harinya. Junco lalu tekankan bahwa bukan berarti mahasiswa perlu meninggalkan teknologi, termasuk kepada mahasiswanya sendiri di Lock Haven Univesity. Apa yang lebih tepat adalah bersikap bijak dalam menggunakan teknologi dan social media.

Saya rasa kita perlu cermati betul bahwa riset ini tidaklah serta merta mengatakan bahwa Facebook dan SMS adalah racun bagi perolehan IP. Pelajaran yang bisa kita ambil adalah bahwa Facebook dan SMS rawan jadi pengganggu aktivitas belajar ketika dua aktivitas tersebut menyela secara keterlaluan. Bukan hanya untuk belajar sebenarnya, melainkan untuk kerja secara keseluruhan, di mana kondisi Flow produktif Anda akan terganggu.

Dari riset, memang ada korelasi antara aktivitas Facebook dan SMS dengan kinerja akademis. Tapi apa yang berkorelasi tidak lantas berkausal sebab akibat, bukan? 🙂

Bagaimana menurut Anda?

Omong-omong, status update yang kita posting ternyata hanya sampai pada atau terpantau oleh 16% teman kita.

Dan terkait SMS sambil jalan, desainer Bryan Brunsell membuat konsep iPhone yang menarik; dengannya seseorang bisa berjalan sambil ber-SMS ria secara aman. Setidaknya begitulah harapannya 🙂

 

Iphone texting concept 01

Iphone texting concept 02

Iphone texting concept 03

Iphone texting concept 04

banner ad

3 Responses to “Ber-Facebook dan ber-SMS mengkontribusi jeleknya nilai IP kuliah?”

  1. Bukik says:

    Kalau menurut John Medina, otak tidak bekerja multitasking hehehe jadi kalau sambil FB-an sulit buat sampai kondisi flow

    Desain iphonenya lucuuuuuuu

  2. Brian Arfi says:

    Eh ada lho aplikasi yang bisa untuk sms sambil lihat jalan didepan pake camera di iOS

    • Guntar says:

      LoL betul betul kebutuhan deh ya :-p

      btw, semoga kabar sampean kian sukses barokah, mas Brian. Senang sampean mampir di sini 🙂

Leave a Reply