Beda Pria dan Wanita dalam Berkomunikasi

Ada sebuah adage lama yg mengatakan: Klo kamu bertanya pada pria sekarang ini jam berapa, maka dia akan langsung melihat arlojinya; tapi bila kamu tanyakan perihal yg sama kepada wanita, dia akan langsung bercerita tentang arloji2 cantik yg dia lihat di plaza kemarin sore :mrgreen:

Anda mungkin pernah mendengar seorang wanita bertanya-tanya, “Aku ndak ngerti kenapa si cowok itu mundur teratur. Apa yg salah sih dg aku? Apa aku ini terlalu menuntut, atau malah kurang menuntut? Cowok emang mbingungin. ” Sementara itu, di hari yg sama si cowok juga bertanya-tanya,”Aku ndak paham ama cewek ini, aku mungkin udah berbuat salah, tapi apa ya. Cewek emang makhluk rumit deh.”

Nyatanya pria dan wanita memang berbeda, termasuk dalam hal cara mereka berkomunikasi. Hal ini amat penting untuk dimengerti karena komunikasi bukanlah sekedar menyampaikan pesan (dalam hal ini khususnya dg lawan jenis), namun juga terkait bagaimana kita memahami lawan bicara dan pesan2 yang dia berikan. Mari kita lihat saja bedanya;

1. Apa yang Diobrolin Laki-laki dan Perempuan Udah Beda

Girls like people. Sewaktu kecil, cewek sukanya ngobrol tentang siapa lagi suka ama sapa, siapa lagi marahan ama sapa, dan semacamnya. Mereka bermain dalam kelompok2 kecil dan saling berbagi ‘rahasianya’ orang lain. Sbg teenager, mereka ngobrolin cowok, berat badan, pakaian dan teman2 mereka. Beranjak dewasa, cewek suka ngobrolin tentang diet, hubungan2 pribadi (diri sendiri dan sudah pasti orang lain), pernikahan, anak-anak, percintaan dan segala (urusan2 pribadi) yang terkait dg orang lain, baik yg dikenal maupun tidak.

Beda Pria dan Wanita dalam Berkomunikasi - cewek suka people

Boys like things. Sementara itu, di waktu kecilnya, cowok suka bicara tentang things (barang2, perangkat & mainan) dan juga aktivitas: siapa melakukan apa, siapa yang bagus di perihal tertentu dan bagaimana cara kerja berbagai perlengkapan/apapun yg mereka anggap mainan. Sbg teenager, cowok mbicarain sports, game, barang2 mekanik dan kegunaan dari things. Beranjak dewasa, cowok mendiskusikan sports, kerjaan mereka, berita, apa2 yang mereka lakukan, teknologi, barang2 bermesin dan juga gadget. Bukannya cowok ndak pernah ngobrolin ttg people. Tentu saja pernah. Tapi biasanya itu masih dalam konteks olahraga, kepentingan karir, atau teknologi.

Beda Pria dan Wanita dalam Berkomunikasi - cowok suka barang, gadget, elektronik, mobil, olahraga

2. Alasan Laki-laki dan Perempuan Ngobrol Juga Beda

Awalannya dari struktur otak pria dan wanita yang ternyata berbeda. Otak pria tersekat-sekat secara tegas yg pengaruhnya pada kemampuan dalam mengelola informasi di kepala. Di akhir hari, pria berkemampuan untuk memilah dan menyimpan informasi dengan rapi di kepalanya, sedemikian rupa sehingga emosinya tidak merasa gerah.

Tapi otak wanita berbeda. Ketika wanita sedang ada kegalauan terutama, semua masalah yg dipunya, atau bahkan semua informasi yg mbikin gatel yg dia terima di hari itu terus saja berputar-putar di kepala. Wanita cenderung melakukan rewind atas informasi yg ada di kepala mereka selama berkali-kali. Satu-satunya cara untuk menghentikan itu adalah dengan mengungkapkannya, dengan cerita atau curhat ke orang lain. Mereka harus ngobrol ama orang lain sekedar untuk menguraikan masalah dan membuat dirinya lega. Ngobrol membantu wanita dalam mengklasifikasikan dan menata informasi di kepala.

Wife : You tell a man something, it goes in one ear and comes out of the other.
Husband : You tell a woman something, it goes in both ears and comes out of the mouth.
:mrgreen:

Cowok seringkali tak mengerti hal ini. Banyak cowok berpikir bahwa mereka harus memberikan solusi atas apa2 yg diungkapkan oleh pasangan mereka. Ini malah membuat sang cowok merasa tertekan dan lupa untuk memberikan empati, karena dia bersibuk memikirkan tanggapan dan jawaban.

Lebih jauh lagi, berbeda dengan pria, wanita berkomunikasi untuk mengekspresikan diri, memberikan support kpd orang lain, dan secara umum; untuk membina hubungan. Sementara itu pria berkomunikasi lebih untuk bertukar informasi, memecahkan masalah, atau bahkan untuk menunjukkan dominansi.

2. Laki-laki dan Perempuan Ngobrol di Tempat yg Berbeda

Udah keliatan, dari apa yang diobrolin dan juga alasan untuk ngobrol, maka pria dan wanita juga memiliki preferensi terkait di mana mereka melakukan obrolan.

Beda Pria dan Wanita dalam Berkomunikasi - tempat ngobrolnya beda

Kebanyakan lelaki lebih menyukai ngobrol di keramaian. Mereka ndak suka ngobrol di tempat2 sepi, apalagi klo sampai cuma berdua, apalagi klo sampe kemudian ketauan orang :mrgreen: . Lha wong apa yang diobrolin cowok lho bukan perihal2 rahasia. Apa yg perlu dirahasiakan klo yg dibicarakan adl tentang gimana jalannya pertandingan bola kemarin malam atau cara penggunaan fitur dari gadget terbaru. Jikapun cowok bicara ttg hal2 yg sensitif, biasanya mereka pun masih ndak sungkan untuk bicarakan itu keras2 di depan umum.Sementara itu, perempuan berbicara untuk menjalin kedekatan hubungan dengan cara mengungkapkan perasaan secara bebas. Apalagi apa yg mereka bicarakan kebanyakan adalah perihal2 sensitif -yg harusnya adl- rahasia, baik milik sendiri maupun orang lain. Sehingga perempuan lebih menyukai tempat yang menyediakan privasi; seperti di rumah (atau kamar tepatnya), kafe, toilet hotel atau tempat lain yg di sana mereka bisa bebas cerita penuh ekspresi. Lho, bukankah perempuan suka jalan2 di mal, hanging out rame2 bersama teman? Betul, tapi mereka tidak menggunakan tempat2 itu untuk berbagi perasaan secara mendalam.

4. Ketika Laki-laki dan Perempuan Bertanya Serta Berikan Umpan Balik

Bagi perempuan; bertanya dimaksudkan untuk dua hal; menggali informasi (entah gosip atau yang lain) dan menjalin kedekatan hubungan. Kadang mereka ajukan pertanyaan yang sudah mereka ketahui jawabannya.

“Mas, gimana, aku cantik nggak?”, “Kangen ama aku, nggak?”

or rather, mereka ajukan pertanyaan yang mereka pikir pasangan mereka harusnya udah tau jawaban yg benar apa :mrgreen:

Sementara itu, laki-laki biasanya lebih enggan bertanya. Ada yg merasa bahwa bertanya itu merupakan suatu bentuk kelemahan atau ketidakmampuan. Laki-laki biasanya memang lebih membenci (bila dirinya mengalami) kegagalan ketimbang perempuan. Terlebih ketika di hadapan perempuan, laki-laki biasanya lebih memilih mencoba sendiri sampai bisa ketimbang bertanya.

Tapi pria lebih berani blak2an ketika memberikan umpan balik, tidak seperti wanita yg begitu penuh pertimbangan dan menjaga perasaan. Sementara pria, secara ekstrim dibilang seperti ini:

Men answer to the question, not the person.

Terkait dengan umpan balik, wanita biasanya melakukan kritik pada diri sendiri. Self-appraisal nya lebih rendah ketimbang pria. Sementara pria lebih mudah untuk merasa puas dg performa mereka.

So, informasi di atas paling nggak sudah bisa mbikin Anda lebih paham dan jadi lebih pengertian kan. Lain kali saya akan sampaikan tips bagaimana menyikapi perbedaan itu; tips berkomunikasi bagi pria dan wanita.

[tags]beda laki perempuan, beda pria wanita, komunikasi, gender[/tags]

banner ad

26 Responses to “Beda Pria dan Wanita dalam Berkomunikasi”

  1. aRuL says:

    paham2 nih, btw gimana kalosebaliknya, ternyata kebiasaan2 seperti kebalik antara pria dan wanita? heheheheuntuk point ke 4, wah benar banget, cowok biasanya blak-blakan, kalo cewek muter2 suruh kita kasih jawaban 😀

    aRuL’s last blog post..Pemulung berteknologi

  2. kopralbowo says:

    boleh copas nie om …?btw, ditunggu blog berikutnya … about tips menanganinya …

  3. Akhmad Guntar says:

    aRul:
    Betul, mas aRul. Memang ada anomali :mrgreen: Pada saat riset ttg issue ini, saya temukan tyt 15% s.d 20% pria memiliki tipe otak wanita, dan sekitar 10% dari wanita memiliki tipe otak pria. Ini artinya, ada sebagian pria dan juga sebagian wanita yang berperilaku dan berpikir dg gaya yg berlawanan dg gendernya. Sumber yg saya temukan tidak menjelaskan mengapa ini bisa terjadi. Tapi menurut dugaan saya, ini ada kaitannya dg model asuhan (nurturing).

  4. Juliach says:

    Sebagai cewek, aku sendiri bingung kalo mo ngobrol sama cewek lain! Ngak di Indonesia ngak di Perancis. Laen kalo ngobrol sama cowok. Aku pikir akunya yang punya otak dodol telo. Ternyata ngak juga ya.

    Juliach’s last blog post..Cerita Liburan bulan April 2008 : bag 2

  5. Rinto says:

    kalo di buku yang saya baca, wanita yang bekerja di tempat yg didominasi pria apalagi kalau sampe sukses bersaing dengan pria, itu berarti cara berpikirnya juga sudah didominasi cara berpikir pria.

    Rinto’s last blog post..Font Windows di Ubuntu

  6. bank al says:

    Pantesan fakultas psikologi lebih banyak perempuan daripada laki2nya ya? Barangkali karena laki2 alergi ngomongin manusia, sementara boys like things not people.

    bank als last blog post..Ajari si Bayi tidur sendiri

  7. adit says:

    nice articlebut tidak mudah untuk menyeleraskan komunikasi antar 2 insan berbeda ini, walaupun sudah banyak buku tentang hal ini…….. tetap saja kadang2 sy suka lupa ttng perbedaan cara komunikasi inidan malah berakhir dengan berantem he he………eh nggak berakhir di situ deng, biasanya setelah berantem itu yg asyik……, berdamai, menangis dan kadang tertawa bersama lalu dilanjutkan dengan ……… 😀

  8. Juliach:
    Well, now you know 😛 Juliach, yg penting kan gimana kita bisa berkomunikasi scr efektif dan harmonis dg lawan bicara kita.

    Rinto:
    Hmm…Iya, Rinto, aku sepakat 🙂 Itu artinya cewek yang kuliah di tempat yg didominasi pria juga punya kecenderungan yang sama ya. Kecuali klo dia tetap bisa mempertahankan hubungan yg intens dg komunitas cewek.

    Bank Al:
    Iya, sepertinya memang begitu 😛 . Fakultas psikologi lebih banyak perempuannya, dan fakultas teknologi lebih banyak cowoknya. Cewek yg kuliah di fakultas teknologi biasanya ndak kerasan krn mereka harus terus berinteraksi scr intens dg Things. On the contrary, cowok yg kuliah di fakultas psikologi tetap bisa kerasan, krn mereka bisa berinteraksi scr intens dg …well…girls :mrgreen:

    adit:
    Memang tidak mudah untuk menyelaraskan. Butuh upaya sadar untuk melakukannya. Saya sendiri masih belajar kok, klo dulu sih ada Rinto yg ngajarin saya :mrgreen:

  9. ghosty1st says:

    aslkm mas. gmn dengan adanya emansipasi? bener ga sih, saat ini perbedaan antara lelaki dan wanita sudah menipis. banyak pekerjaan wanita yang bisa dilakukan pria dan sebaliknya. apa ini juga masih pengaruh di sifatnya?kalo soal gosip sih, skr bnyk co yg suka gosip. buktinya pas ada kuis di acara gosip, si penelpon banyak yang co tuh, so?

  10. tips oke says:

    artikel bagus,, tambahan dan sharring saja,, wanita dan pria berbeda dari cara berbicara dan juga dalam membuat keputusan.wanita cenderung lebih mudah melakukan suatu perbuatan.adapun cara membuat wanita melakukan apasaja untuk anda bisa menggunakan teknik yang disebut ninjafar sebagai teknik pesona.teknik ini menggunakan salah satu sifat wanita yaitu emosi.teknik ini juga yang biasa digunakan oleh para penghipnotis dan para ahli marketer.artikel mengenai ini bisa anda cari di http://www.ninjafar.co.cc

  11. ghosty1st:
    Klo emansipasi dipahami dan dipraktekkan dalam konteks yg berlebihan, maka tentu yg terjadi adl wanita akan mulai kehilangan fitrahnya (dalam hal impuls emosi dan kebiasaan alami). Sama halnya dg pria yg mulai banyak masuk ke ranah kewanitaan. So, yg penting adl kita tetap mjd diri sendiri dan menunjukkan peran terbaik kita di sana 🙂

    tips oke:
    Wanita memang memang makhluk yg luar biasa. Hermawan Kertajaya saja sampai membuat rumusan kompetensi marketing atas dasar kekuatan alami para wanita pada umumnya 🙂

  12. dahlia says:

    Setuju, otak pria dan wanita memang beda. Otak pria yang tersekat2 memudahkan mereka untuk fokus dalam satu pekerjaan tertentu. Sedangkan otak wanita memiliki banyak sambungan (saraf) yang membuatnya bisa memikirkan banyak hal dalam satu waktu, jadinya kurang fokus.
    Selain itu cara mereka berkomunikasi dan membina hubungan mendapat pengaruh hormonal, wanita punya banyak cortisol jadi mereka lebih ingin senang dan nyaman, sedang pria cenderung untuk sekedar menunjukkan dominasi.
    lalu, bgmana bersikap saat berkomunikasi dg lawan jenis? haruskan meprioritaskan persepsi lawan jenis atau hnya menjadikan hal tsb sbg pandangan saja?
    hehe, tp praktik lebih sulit drpd teori…

  13. infogue says:

    terimakasih, artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:http://psikologi.infogue.comhttp://psikologi.infogue.com/beda_pria_dan_wanita_dalam_berkomunikasianda bisa terus promosikan artikel anda di http://www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita dan beberapa pilihan widget lainnya yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  14. qinoen says:

    setuju,emang beda banget,kalo cewek lebih mementingkan perasaan kalo laki mah lebih ke akal….

  15. naruto says:

    jalanin aja hidup ini

  16. username says:

    setuju aja ,,,, cinta harus dicari dengan memahami bukan difahammi

  17. Mr.Black says:

    saya sudah menikah dg wanita ini 15 tahun tapi saya ga pernah bisa memahami wanita ini (istri saya).Padahal saya sudah memberikan yang terbaik bagi dia.salah sedikit saja, Dia akan marah dari Z sampai A.itulah wanita mahkluk tuhan yang susah dan sulit di pahami…….subhanah allah.

  18. Benar, memang wanita dan pria adalah 2 makhluk yang berbeda. Pria berpikir secara logis, wanita berpikir menggunakan perasaan., Adakalanya pria benar secara akal sehat, dan ada kalanya wanita juga benar dengan intuisinya (kata hatinya). Karena itulah Allah menciptakan Pria dan Wanita untuk saling melengkapi, mengerti dan mamahami satu dengan lainnya agar dapat mencapai tujuan hakiki yang diinginkan allah. Dan saya juga berharap kiranya wanita dan pria secara normal untuk mencintai lawan jenisnya dan jauh dari Godaan Setan terkutuk yang menjebak manusia dengan Sodom dan Gomorah (Gay, lesbi, waria, homo dll). Salam Sukses untuk membangun Manusia Indonesia yang lebih baik !!!

  19. Shasa says:

    ^^ ad yg maw ma q???

  20. lutfiana says:

    Menurut pengalaman saya, Perempuan itu sekarang lebih berani berbicara. Entah itu karena sang lelaki lebih suka diam atau pengaruh lingkungan juga karakter asli sang perempuan lebih berani daripada pria.
    bahkan untuk kasus -kasus yang sangat pribadi.
    hemm…

  21. amaliasari says:

    Dan memang akhirnya kembali kepada bagaimana menyikapi perbedaan, makanya saling pengertian ituh sangat penting 

  22. hermayani says:

    wah ternyata pria tu unik ya

  23. Wah, satu lagi pencerahan. Menjawab beberapa pertanyaan yang saya miliki nih 😀

    F @ Blogginglys last blog post..Cara Menampilkan Foto Flickr di Blog WordPress

  24. syai says:

    thanks bwt smua postingannya, terutama yang ttg kucing…

  25. faruck says:

    happy2 ==saja ..gmana menurunkan berat badan ya …biar lebih langsing gitu loh ….

  26. […]check this out as this contains important information about[…]

Trackbacks/Pingbacks

  1. trustcosurabaya.com » Blog Archive » Beda Pria dan Wanita dalam Berkomunikasi - [...] Beda Pria dan Wanita dalam Berkomunikasi [...]

Leave a Reply to hermayani Cancel reply