Bagaimana Membuat Orang Lain Menyukai Anda

bagaimana cara disukai teman
Jika setiap ketemu ama orang, atau teman lama, atau teman yang sudah lama tak jumpa kita selalu canggung, maka perlu ada sesuatu yang perlu dibenahi dari diri kita. Sambil saya sendiri ngaca, yuk kita liat beberapa tips untuk membuat diri disukai orang lain:

Yang pertama dan utama, adalah lebih manjur manakala Anda bertemu cukup sering terlebih dahulu dengan orangnya, amat bagus sekali bila tatap muka. Ini untuk menumbuhkan kesan familiaritas yang kuat.

Sebaiknya Anda menemui dia manakala mood nya sedang bagus, dan hindari manakala dia lagi bete atau stress. Hal ini akan membuatnya bisa mengaitkan (Anchor), atau mengasosiasikan kehadiran Anda hanya dengan perasaan-perasaan bagus. Sama persis seperti bagaimana iklan di Tivi yang selalu pake artis yang cakep dan tersenyum.

Temukan kesamaan antara Anda berdua dan bicaralah tentangnya. Apapun yang Anda berdua sama-sama sukai pokoknya.

Jadikan dia tahu, via orang ketiga, bahwa Anda menyukainya atau mengaguminya, klo bisa dengan alasan2 yang spesifik. Ini bisa memberikan pengaruh yang lebih dahsyat ketimbang manakala Anda mengatakan secara langsung kepadanya.

Mintalah bantuan kecil kepadanya. Iya, Anda minta tolong ke dia, dan bukan sebaliknya. Ini kayaknya seperti naik angkot salah jurusan memang, tapi sudah deh percaya. Ini karena adanya fenomena rasionalisasi terbalik yang terjadi di sini. Mungkin Anda merasa harus suka terlebih dahulu pada seseorang untuk kemudian Anda jadi bersedia membantunya. Benar melulu begitu, kah? Pernah nggak Anda ngasih uang pada seorang pengemis? Begitu Anda melakukannya, Anda jadi lebih suka pada dia. Kenapa? Ini karena pikiran Anda membalik ke belakang untuk memberi pembenaran atas tindakan Anda: buktinya udah menolong, itu artinya Anda memang suka ama dia.

Tunjukkan bahasa tubuh dan nada bicara yang baik, meskipun dianya lagi dingin-dinginya atau pas lagi mood jelek. Ingat, bahwa bahasa tubuh pegang peranan 55%, nada bicara 38%, dan kata-kata 7%. Ini berlaku terutama untuk para perempuan. Pesan yang Anda sampaikan memang penting, namun bagaimana Anda mengatakannya itu yang lantas bisa membuat beda.

Secara umum, ini juga terkait dengan bagaimana Anda membawakan diri. Jangan sekedar bermodal tampang apalagi penampilan. Akhlak dan perilaku Anda akan amat berperan dalam menggaet perhatian positif dari lawan bicara.
rapport yg buruk dlm komunikasi
Lakukan rapport dengan cara -Sesuaikankan postur tubuh, melakukan mirroring, seolah-olah Anda adalah cermin darinya. -Sesuaikan nada bicara. Bila dia bersuara rendah, cobalah untuk juga menggunakan nada rendah dalam berbicara. -Sesuaikan kecepatan bicara. Bila dia berkata cepat, lakukan hal yang sama, bila dia berkata lambat-lambat, l.a.k.u.k.a.n h.a.l y.a.n.g s.a.m.a. dengan banyak …. hentian bicara. Kenapa? Karena kita suka ama orang-orang yang tampak, bicara, dan bahkan berjalan sama seperti kita. Gimana gimana, kita punya narsisme tak disadari.

Yang penting, jangan lakukan mirroring terhadap bahasa tubuh orang-orang yang sedang stres, tertekan apalagi marah-marah.

Termasuk juga, gunakan kata-kata yang bersifat positif. Gunakan hanya kata-kata yang berstruktur dan bermakna positif, dan manakala bertemu istilah bermakna negatif, maka gunakan negasi. Karena setiap Anda menggunakan kata negatif, maka bayangan dan ingatan buruk yang terkait dengan kata itu akan muncul dan bisa tumpah meluber. Nah, untungnya pikiran bahwa sadar kita tak bisa mengenali negasi, jadi kita bisa mengakalinya.
Coba perhatikan saja kata-kata berikut: “Ini ndak bagus, aku ndak begitu senang dan juga ndak bersemangat melihatnya.”
Dan bandingkan dengan: “Ini jelek ih, aku benci dan sesak ngelihatnya.”
Dua itu maknanya sama. Tapi… Yang pertama sifatnya netral; ndak ada beban emosional seperti yang kita rasakan pada kalimat kedua.

Buat dia merasa nyaman berada di dekat Anda. Karena orang akan menilai Anda dari bagaimana dan apa-apa yang dia rasakan manakala dia berada di dekat Anda. Maka berbicaralah dengan cara-cara yang membuat dia merasa baik atau baikan dan nyaman.
Lakukan kontak mata yang wajar, buat dia senang dengan cerita dan gurauan. Buat dia merasa bangga atas apa-apa yang memang dia anggap penting. Jika dia memang suka dianggap pintar, maka buat dia bangga atas hasil ujiannya.

banner ad

7 Responses to “Bagaimana Membuat Orang Lain Menyukai Anda”

  1. wawan says:

    assalamualaykum pak..

    wah2.. Syukron atas tipsnya.
    boleh dicoba nih,,

    ditunggu postingan slanjutnya..

    Smangat…!!! =)

  2. Rosyidi says:

    wah keren. patut dicatat nih. sepertinya cocok banget diterapkan untuk karir maupun jodoh. hehehe..

    Rosyidis last blog post..Semakin Kecil Tubuh Semakin Cepat Detak Jantungnya

  3. harry says:

    bleh jg tipnya,klo bisa ksih contoh dialognya pak…
    mksih saya tunggu post berikutnya

  4. nia says:

    wah, postnya bagus . . . .
    tapi aq masih bingung dengan kalimat :”karena orang akan menilai Anda dari bagaimana dan apa-apa yang dia rasakan manakala dia berada di dekat Anda. Maka berbicaralah dengan cara-cara yang membuat dia merasa baik atau baikan dan nyaman.”
    aq m nanya ;
    1. g’mana caranya membuat orang/teman nyaman di dekat qta . . . ?? atau ,
    g’mana caranya membuat orang/teman senang/bahagia dan nyaman berada di dekat qta . .? ?
    2. g’mana caranya biar orang/teman gak marah ama qta . . ? ?
    3. g’mana caranya agar org/ teman itu selalu nyaman dan gak bosen ama qta. . ??
    itu dia yang belum di bahas. .
    jika dia ingin qta bilang pintar(cute, qta harus mengatakannya bgt kan. .
    tapi lama kelamaan pasti dia bosen dgn tingkah laku qta yang ska memuji berlebihan. .
    makanya pak tolong berikan contoh yang wajar-wajar aja dan yang memungkinkan dia betul-betul ska dgn sikap dan tingkah laku qta .,
    aq rasa itu aja . .
    terima kasih. . .
    aq tunggu postingnya atau balasannya ya. . . .

  5. @Nia:
    Wah, tanggapan dari pertanyaan di atas emg bisa jadi satu posting tersendiri. Stay tuned ya 🙂

  6. siti atikah says:

    manggg ty manjyr gaaa???? di cba dul dech kalo ngga manjur gmn???

  7. reva says:

    gmna si bwt pcr saia bisa seneng sama saia?
    coz akhir@ ini di mata dya apa@ yang saia lakukan selalu salah..?
    tolong ksih cmen yah..
    makasih

Trackbacks/Pingbacks

  1. Bagaimana Membuat Orang Lain Menyukai Anda | Trustco Surabaya - [...] Masih ada beberapa kiat yang lain. Silahkan baca secara lengkap melalui link berikut ini. Bagaimana Membuat Orang Lain Menyukai…

Leave a Reply