Apa kata Anda terhadap orang lain mencerminkan diri Anda

Riset dari Wake Forest University (*) menunjukkan bahwa seberapa positif Anda memandang orang lain terkait dengan seberapa bahagia dan stabilnya emosi diri Anda.

Studi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa seberapa positif seseorang memandang orang lain menjadi indikasi atas seberapa puas seseorang dengan kehidupan pribadinya, dan seberapa dia disukai orang lain. Sebaliknya, persepsi negatif atas orang lain terkait erat dengan tingkat narsisisme dan perilaku anti sosial seseorang.

Jadi ketika seseorang menilai orang lain dengan buruk, sukanya ngomel dan mencela orang lain —selalu saja semacam demikian— maka bukan saja itu jadi indikasi akan keburukan akhlak dirinya, namun juga menunjukkan betapa tidak bahagianya dia atas kehidupannya, dan betapa buruknya juga orang lain memandang dirinya.

Begitu sepertinya, ya? 🙂

(*) Wake Forest University (2010, August 2). What you say about others says a lot about you, research shows. ScienceDaily. Retrieved January 22, 2012, from http://www.sciencedaily.com­ /releases/2010/08/100802165441.htm

banner ad

Leave a Reply