Alasan Terpilihnya Jazirah Arab sbg Tempat Kelahiran & Pertumbuhan Islam

Barangkali Anda pernah menanyakannya, “Mengapa daerah yang dipilih sebagai tempat kelahiran dan pertumbuhan Islam adalah jazirah Arab, bukannya Eropa atau Indonesia?” :roll: Jika Anda sudah pernah melihat langsung jazirah Arab, mungkin malah semakin bertanya2: meski jazirah saudi adl penyuplai minyak terbesar dunia, tapi negara mereka gersang, miskin air, miskin produk (barang2 hampir semuanya impor; entah dari pakistan, cina, Indonesia, dsb). Bila secara khusus kita bicara negara saudi, maka kita lihat mereka skr memang dapat pemasukan terbesar dari minyak dan haji. Tapi itu kan baru-baru saja; dulu mereka punya apa?

Di mana2 selalu ada gurun, yg ini mending masih ada rumput dan onta. Mostly, semuanya gersang.

badai-pasir-di tanah saudi

Belum lagi klo ada badai pasir seperti ini; sejauh 100 km dari Riyadh ke Bahrain.

Tapi kenapa kok jazirah Arab yg dipilih?

Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan Al Buthy memberikan penjelasan yg amat baik dalam Sirah Nabawi yang ditulisnya. Dia mengatakan bahwa untuk menjelaskan hal tersebut pertama2 kita perlu ketahui karakteristik bangsa Arab dan tabiat mereka sebelum Islam, juga menggambarkan letak geografis tempat mereka hidup dan posisinya di antara negar2 di sekitarnya.

Jadi pada waktu, dunia sedang dikuasai oleh dua negara adidaya: Persia dan Romawi, lalu menyusul India dan Yunani.

Persia adalah bangsa yang dipenuhi oleh faham keagamaan yang sesat dan saling bertentangan. Semisal saja, di sana diutamakan perkawinan seseorang dg ibunya, anak perempuannya atau saudaranya. Shg salah satu rajanya -Yazdasir II- mengawini anak perempuannya. Selain ajaran Zoroaster yg biasanya dianut oleh para penguasa, ada juga ajaran Mazdakia yg mempromosikan pengumbaran nafsu atas harta, wanita dan perendahan pada manusia.

Raja Darius I Persia, di belakangnya adalah Xerxes I, penganut ajaran sesat Zoroaster.

Kucing Persia, masih mending mereka ketimbang para penguasanya :mrgreen:

Sementara itu Romawi telah dikuasai sepenuhnya oleh semangat kolonialisme dengan kekuatan militernya untuk mengembangkan agama kristen dg memperturutkan hawa nafsu yg serakah. Negara ini, pada waktu itu, tidak kalah bejatnya dg Persia. Kehidupan nista, kebejatan moral dan pemerasan ekonomi telah menyebar ke seluruh penduduk negeri, akibat melimpahnya penghasilan dan menumpuknya pajak.

Sementara Yunani sedang tenggelam dalam lautan pemikiran dan mitos2 verbal yang tidak pernah memberinya manfaat. Demikian juga dg India yang sedang berada di puncak kebejatan dari segi agama, akhlak maupun sosial, yg dimulai sejak abad keenam Masehi.

Seluruh kemerosotan itu berakar pada perihal yang sama, yakni mengacunya peradaban dan kebudayaan itu pada nilai2 materialistik semata, tanpa ada nilai-nilai moral yang mengarahkan peradaban dan kebudayaan tersebut ke jalan yg benar.

Sementara itu, di jazirah Arabia, bangsa Arab hidup dg tenang, jauh dari segala keguncangan tsb. Jika kita amati, maka jazirah Arab secara geografis terletak di antara umat2 yg sedang dilanda pergolakan, dan tidak mendapat pengaruh dari semua itu.

Kekaisaran Persia mengelilingi jazirah Arab, dg Romawi di sebelah Barat Laut. Rugi kali ya mau njajah Arab; kan miskin sumberdaya.

Mereka tidak memiliki kemewahan dan peradaban Persia, yg memungkinkan mereka kreatif & pandai menciptakan beragam kemerosotan, filsafat keserbabolehan dan kebejatan moral yg dikemas dalam bentuk agama. Mereka jg tidak memiliki kekuatan militer Romawi, yg bisa mendorong mereka untuk melakukan ekspansi ke negara2 tetangga. Merka tidak memiliki kemegahan filosofis dan dialektika romawi Yunani, yg bisa menjerat mereka mjd bangsa penuh mitos dan khayalan pemikiran.

Karakteristik mereka seperti bahan baku yg belum dioleh dg bahan lain; masih menampakkan fitrah kemanusiaan dan kecenderungan yg sehat dan kuat, serta cenderung kepada kemanusiaan yg mulia, seperti setia, penolong, dermawan, rasa harga diri dan kesucian. Kegigihan, keuletan, dan daya tahan bangsa Arab sudah sedemikian teruji mengingat mereka telah dapat survive di alam yang mana hanya ada sedikit kehidupan di sana. Mereka dikenal memiliki loyalitas dan kemurahan yg amat tinggi khususnya pada ikatan persaudaraan.Hanya saja, mereka tidak memiliki pengetahuan yang bisa membantu mereka mengungkapkan jalan ke arah itu. Karena mereka mereka hidup di dalam kegelapan, kebodohan dan alam fitrah yg pertama. Akibatnya, mereka sesat jalan dan tidak menemukan nilai2 kemanusiaan tersebut. Maka mereka membunuh anak dg dalih kemanusiaan dan kesucian; memusnahkan harta kekayaan dg alasan kedermawanan; dan membangkitkan peperangan di antara mereka dg alasan harga diri dan kepahlawanan.

Suku Bedouin, dipercaya sbg suku muasal di Arab

Hikmah pilihan ini sama dg hikmah dijadikannya Rasulullah seorang ummi, tidak bisa menulis dg tangan kanannya (istilah Allah) dan tidak pula bisa membaca. Hal ini agar manusia tidak menjadi ragu akan kenabiannya, dan agar manusia tidak memiliki banyak sebab keraguan terhadap kebenaran da’wahnya.

Sehingga jazirah arab memang adl lokasi yg pas untuk dipilih sbg tempat kelahiran & pertumbuhan Islam.

Tentunya akan banyak manusia yg akan ragu bila mereka melihat Nabi shallallahu β€˜alaihi wasallam adl seseorang yg terpelajar dan pandai bergaul dg kitab2, sejarah umat2 terdahulu, dan semua peradaban di sekitarnya. Sementara itu, bila dibandingkan dg umat2 lain di sekitarnya, bangsa Arab tidak terjangkau sama sekali oleh peradaban2 tetangganya. Demikian juga sistem pemikirannya, tidak tersentuh sama sekali oleh filsafat2 membingungkan yg ada di sekitarnya. Bila tidak demikian, tentunya banyak orang yg akan merasa ragu dan bahkan menolak serta menuduh dakwah Islam sbg mata rantai pengalaman budaya dan pemikiran2 filosofis yg akhirnya melahirkan peradaban yg unik serta perundang2an yg sempurna.

Selain itu, Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthy juga menambahkan catatan lain yg perlu kita perhatikan.

Yang pertama; Allah telah menjadikan Baitul-Haram sbg tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yg aman (QS 2: 125) dan rumah yg pertama kali dibangun bagi manusia untuk beribadah dan menegakkan syi’ar2 agama. Allah juga menjadikan dakwah Bapak dari para Nabi, yakni Ibrahim as, di lembah tersebut. Maka merupakan suatu kelaziman dan kesempurnaan bila lembah yang diberkahi ini juga menjadi tempat lahirnya dakwah Islam yg notabene adl millah Ibrahim, dan menjadi tempat diutus dan lahirnya pamungkas para Nabi. Sementara Rasulullah shallallahu β€˜alaihi wasallam termasuk keturunan Ibrahim as.

Yang kedua; secara Geografis, jazirah Arab sangat kondusif untuk mengamban tugas dakwah karena letaknya yg amat strategis di antara umat2 sekitarnya. Posisi ini akan menjadikan penyebaran dakwah Islam ke semua bangsa dan negara di sekitarnya berjalan dengan mudah dan lancar.

Yang ketiga; bukan hanya terkait perihal tempat, Allah juga telah menjadikan bahasa Arab sbg bahasa dakwah Islam serta media langsung untuk menerjemahkan kalam Allah dan penyampaiannya kpd kita. Jika kita kaji karakteristik semua bahasa, lalu kita bandingkan antara yg satu dg yg lain, niscaya akan kita temukan keistimewaan bhw bahasa Arab banyak memiliki keistimewaan yg tidak dimiliki oleh bahasa lainnya.

Yg jelas, meskipun Islam asalnya dari Arab, namun ini adalah agama seluruh bangsa, bukan πŸ™‚

Berikut ini adalah video tentang seorang Amerika yg mencoba menjelaskan keislamannya. Menarik πŸ˜›

httpv://www.youtube.com/watch?v=JQXh20OuhIc

banner ad

12 Responses to “Alasan Terpilihnya Jazirah Arab sbg Tempat Kelahiran & Pertumbuhan Islam”

  1. Rully Patria says:

    postingannya menarik banget Kang, banyak yang saya baru tau..kalo boleh meminta, untuk postingan berikutnya tolong bahas mengenai keistimewaan bahasa arab dibanding bahasa lain seperti yang Akang bahas di atas..just asking πŸ˜›

  2. Jauhari says:

    Betul mas.. Mantep mantep.. ulasan yang MENDALAM πŸ˜‰

    Jauharis last blog post..Juara Tiga Lomba Foto QWords

  3. Rosyidi says:

    Dulu pernah baca blognya sapa gitu aku lupa. Ada pertanyaan serupa dari dosennya. Aku lupa siapa yang jelas dia gak di Indonesia.Kenapa Negara kaya minyak sebagian besar negara berpenduduk Islam?Dosennya menunggu hingga lama, gak ada yang jawab. Ayo.. gak ada yang tau? Ayo.. Pak guntar tau gak?Cause, they pray five times.hehehe..

  4. Setiaji says:

    Thanks infonya Mas, jadi tahu alasan kenapa Islam ‘turunnya’ disana. Btw kao indonesia memang gak ada sama sekali jejak2x turunnya wahyu kali yah hehehe…

  5. rumahfrandi says:

    kucing persianya lucu mas…nah loh kok malah ini yg dikomentari. Tp eniwe, bagus bagus, nambah pengetahuan πŸ™‚

  6. Rully Patria:

    Tentang keistimewaan bahasa Arab dibanding bahasa lain, insyaAllah kapan2 saya ulas. Sementara klo skr ilmu bahasa arab saya masih amat cekak :mrgreen:
    Rosyidi:
    Rusia, Meksiko, Cina, Kanada, Venezuela, Norwegia, Algeria, Brazil adalah jg masuk di penghasil minyak terbesar dunia. Klo yg masuk opec emg kebanyakan negara Islam. Tapi kurang tepat juga sebenarnya klo dibilang mayoritas penghasil minyak kebanyakan penduduknya adl muslim. Yg saya tertarik tu adl ttg kapan ya negara2 di jazirah arab (dan Afrika) mulai jadi tandus. Karena di sana banyak skl terdapat minyak bumi, maka pastinya pernah ada banyak satwa di sana. Kapan dan kenapa kok semua pada musnah? Banjir di zaman nabi nuh?Β 
  7. arifin says:

    yang islam adalah bukan agamanya orang arab tetapi agamanya umat sesudah Muhamad SAW

  8. nasa says:

    sempet bingung juga c knp musti saudi!yah lumayan membuka pikiranlah…kayaknya waktu itu pernah denger deh, knp saudi?!karena semua racun n kebusukan (boroknya) tuh ada disana!tapi kayaknya sya jg msh ngerasa kalau negara saudi itu g bener2 islam…

    nasas last blog post..Let nature be ur teacher!

  9. ooo… gitu thoo πŸ™‚

    agunk agriizas last blog post..Lebaran 1429H

  10. Ummu 'Abdirrohman says:

    Subhanallah,Sungguh benar perkataan Rasulullah bahwa ada 3 tempat yang jika kita ingin berlibur, maka sebaiknya memilih tempat ini yaitu Masjidil Haram, Mesjid Nabawi, dan Mesjid Al Aqsa.
    Bagi anda yang diberi nikmat berlebih segera kunjungi salah satu tempat tersebut.

  11. madd says:

    subhanallah terima kasih infonya

  12. Jabon says:

    wah saya memang tak meragukan lagi soal ini

Trackbacks/Pingbacks

  1. Alasan Terpilihnya Jazirah Arab sbg Tempat Kelahiran & Pertumbuhan Islam | Trustco Surabaya - [...] Tapi kenapa kok jazirah Arab yg dipilih? Silahkan membaca tulisan lengkap tentang topik ini di link berikut: Alasan Terpilihnya…
  2. uBuR_uBuR sCiEnTisT cLub..^_^’s Blog | SEJARAH BANGSA ARAB SEBELUM ISLAM - [...] Alasan Terpilihnya Jazirah Arab sbg Tempat Kelahiran & Pertumbuhan Islam [...]

Leave a Reply