7 Aplikasi Mind Map Gratis

Aktivitas Mind Mapping

Mind Mapping adalah metode mencatat, mengumpulkan gagasan, mengeksplorasi konsep dan menjabarkan informasi ke dalam bentuk yang lebih bisa dimengerti. Mindmap adalah tempat di mana representasi visual dan tulisan digabung jadi satu untuk menghasilkan informasi yang lebih mudah dicerna oleh pikiran. Gambar di atas adalah aktivitas yang biasa dilakukan dalam mindmapping (credits)

Anda bisa menggunakan mindmap untuk mencatat kuliah, menyiapkan bahan belajar untuk ujian, mengeksplorasi ide untuk pekerjaan, dan juga untuk mendiskusikan gagasan. Anda bisa menggunakan mindmap untuk menulis artikel atau draft tugas akhir, atau mengeksplorasi alternatif ide untuk bisnis Anda.

Esensi dari MindMapping adalah pada aktivitasnya. Apakah kemudian Anda memilih menggunakan software atau cara manual dengan pensil dan kertas, itu terserah Anda. Menggunakan software tidak lantas lebih baik. Namun bila Anda membutuhkan perangkat yang bisa dengan mudah Anda edit dan modifikasi, maka software adalah pilihan yang tepat.

Berikut adalah beberapa aplikasi mindmap GRATIS yang bisa Anda coba:

Aplikasi Mind Map Berbasis Web

Bubbl us

1. bubble.us

bubbl.us adalah aplikasi mindmap berbasis web. Anda tak harus mendaftar untuk bisa menggunakannya. bubbl.us tidak menyediakan fitur yang kompleks, namun justru dari kesederhanaan dan kecepatan aksesnya inilah bubbl.us jadi pilihan yang perlu dipertimbangkan.

Mindmeister

2. MindMeister

Di MindMeister ada beberapa pilihan akun, dan tentunya ada versi gratis yang bisa Anda gunakan. Desain dan tampilan antar mukanya cukup menarik dibanding beberapa yang lain. Jika Anda memiliki iPhone, iPad, atau Android, Anda juga bisa operasikan mindmeister di kesemua perangkat itu.

Mindomo

3. Mindomo

Dengan Mindomo, Anda bisa Anda bagikan mindmap buatan Anda ke orang lain dan juga bisa Anda letakkan di laman web Anda.

Mind42

4. Mind42

Dengan Mind42, Anda bisa berkolaborasi dengan orang lain untuk membuat mindmap secara bersama-sama. Anda bisa dengan mudah mendisrtribusikan mindmap Anda.

Aplikasi MindMap Desktop

Jika Anda menginginkan aplikasi yang bisa diakses secara offline tanpa koneksi internet, Anda bisa menggunakan dua aplikasi berikut:

Freemind

5. Freemind

Freemind adalah salah satu program terpopuler untuk mindmapping. Karena dibuat dengan bahasa pemograman Java, aplikasi ini bisa dijalankan di sistem operasi apapun. Dengan Freemind, Anda bisa membuat cabang ide dan membuat tautan antar cabang tersebut untuk membuat koneksi ide.

Personal brain

6. Personal Brain

Personal Brain adalah aplikasi mindmap dengan tampilan yang cukup menarik. Terdapat versi Windows, Linux, Macintosh dan bahkan iOS.

Imindmap

7. iMindMap

iMindMap adalah aplikasi mindmap milik Tony Buzan, sang penemu konsep mindmap. Ini adalah aplikasi berbayar yang menyediakan versi gratis. Jika Anda memiliki iPhone atau iPad, Anda juga bisa mengakses iMindMap.

banner ad

4 Responses to “7 Aplikasi Mind Map Gratis”

  1. fery says:

    mas Guntar,
    saya tertarik ama aplikasi freemind, setelah saya download dan install, ternyata banyak juga fitur – fiturnya,…

    tolong dong, bagi bagi tutorialnya, biar kami bisa ngunain aplikasi ini lebih maksimal,…

    thxs

    • Guntar says:

      Syip. nanti akan ada tutorial untuk MindMap, tapi yg sifatnya umum. Untuk yg khusus bisa langsung ditanyakan :-)

  2. Fina says:

    Edraw max kok nggak ada? numpang tanya. Sebab aplikasinya lebih mudah dijalankan dan full color pastinya.

    • Guntar says:

      Secara visual, Edraw memang syip banget. Biarpun lebih seperti Visio ketimbang software dedicated MindMap, tapi memang masih bisa dipake untuk mindmap.

      Tapi kemudian, posting ini adalah tentang software yg GRATIS, dan Edraw tidaklah gratis :-)

Leave a Reply