3 Aturan Dasar untuk Membentuk Pola Makan Sehat

akhmadguntar dot com burger sepatuPunya kebiasaan makan makanan yg menyehatkan tentu jadi keinginan banyak orang. Tapi kita seringkali mendapatkan tantangan besar dalam melakukannya karena begitu banyaknya godaan dari rumah, kantor dan juga di pinggir2 jalan :mrgreen: . Saya ndak pengen mengajak Anda untuk berpura2 meyakini bahwa membuat perubahan dalam pola makan itu mudah dan cepat. Apalagi untuk pasangan yg baru menikah, membentuk pola makan bersama pasangan sudah merupakan tantangan tersendiri.

Aturan #1: Jangan lakukan perubahan secara drastis

Jika Anda punya cukup uang dan suka jalan2, biasanya kebiasaan jajan cukup susah untuk dihilangkan. Apalagi klo udah bareng2 teman 😉 . Jika Anda sudah memutuskan untuk merubah pola makan, maka sebaiknya jangan lakukan secara drastis. Anda harus latih decision muscle dalam runtutan konsistensi; yakni dengan membuat satu demi satu keputusan untuk menghindari makanan tertentu, atau mengurangi porsi jajanan tertentu, lalu mematuhinya. Jangan langsung diborong mau mogok njajan ini itu segala macem. Anda pasti akan tersiksa 🙁

Cukuplah membuat satu komitmen dulu. Yang penting komitmen dipatuhi dan Anda bisa secara konsisten dengannya. Seiring berjalannya waktu, konsistensi Anda ini akan membuat Anda merasa percaya diri dan feeling good about yourself; bahwa Anda memang bisa melakukannya. Dari sini rasa percaya diri Anda bertambah, dan keputusan2 baru yang lebih besar pun bisa Anda bikin.

Aturan #2: Carilah makanan pengganti yang enak tapi lebih menyehatkan

Klo Anda memutuskan mogok dari minum kopi misal, maka sebenarnya Anda akan merasa butuh kompensasi untuknya. Jika Anda tidak dengan segera mencari penggantinya, maka Anda bisa beralih ke semisal Cola atau minuman bersoda lainnya. Untuk itu, maka putuskan juga alternatif penggantinya sejak awal. Misal Anda mengganti kopi dengan susu kedelai atau sekedar air putih biasa.

Untuk makanan, jenis yang ditinggalkan pertama kali adalah makanan2 gorengan berlemak (seperti KFC) dan apa2 yang mengandung terlalu banyak gula (donat, cola, permen) dan junk food yang lain. Ndak usah ditinggal total secara bebarengan, melainkan lakukan secara bertahap.
akhmadguntar dot com makan burger gede banget
Aturan #3: Perhatikan porsi makan. Jangan makan banyak, alih-alih, bikin jadi lebih sering.

Jangan penuhi piring Anda dengan nasi dan lauk, kecuali klo Anda memang sedang pengen gendut. Mending Anda makan empat atau lima kali dalam sehari -hingga sebelum pukul 19.30- daripada Anda makan dua atau tiga kali tapi dengan porsi jumbo pada masing2nya. Bila Anda pake cara terakhir, maka Anda akan menimbun makanan dalam perut.

Ndak usah nunggu sampai kelaparan dulu baru makan. Coba bawa bekal makan -lebih gampang klo udah beristri 😎 – dan makan bekal itu sedikit demi sedikit. Klo mau jajanan juga ndak papa, asal yg sehat-sehat. Coba aja beli pisang atau buah2an lain untuk camilan yang menyehatkan.

Ada lagi tips yang lain sih. Tapi yang saya sebut di sini adalah aturan2 dasarnya. Yang penting, jangan berharap hasil instant. Ndak mungkin Anda bisa jadi lebih langsing dalam waktu tiga empat hari aja. Klo Anda mendapatkan penurunan dengan cepat, maka biasanya naiknya lagi juga cepat.

Yang sabar; mikirnya jangka panjang. Jangan cari jalan pintas.

(ini posting ttg makan sehat, tapi sepertinya kok masih terpengaruh ama mengatasi kegendutan pasca nikah ya :roll: :mrgreen: )

banner ad

10 Responses to “3 Aturan Dasar untuk Membentuk Pola Makan Sehat”

  1. Kreshna says:

    Ah, akhirnya ada posting yang bisa dikomentari secara santai… Mau share aja beberapa tips dari Oprah soal makan sehat en kurusin badan buat nambahin teori dari Guntar (belum dibuktikan sendiri sama yang nulis, he2).

    1. Makan pagi yang lengkap! Yup, katanya untuk membakar lemak kita butuh energi juga, jadi kalo gak makan pagi gak ada cukup energi untuk beraktivitas pada hari itu sekaligus membakar lemak juga.
    2. Seharian makan sering tapi sedikit-sedikit. Lebih baik begini daripada makan 2x tapi kepenuhan. Ade Rai juga makan 6x sehari tapi sedikit2. Soal makan kepenuhan ini banyak yang ngelarang, mulai dari hadits, trus peribahasa Amrik: “Two bites too many” (tau kapan harus berhenti justru supaya gak merusak kesempurnaan nikmatnya makanan), sama Jepang: “Hara Hachi Bu” (eat until 80% full only).
    3. Jangan makan apa pun lagi sesudah jam 19:30. Bahkan sebiji anggur pun jangan. Kalo minum boleh kali ya.
    4. Pilih makanan yang sehat lah.
    5. Burn that fat! Olahraga lah…

    Good luck deh.

  2. Jauhari says:

    @KreshnaMantep mas tipsnya, itu yang diatas jam 19.30 itu aturan WAJIB? karena saya sendiri sampe ruma sekitar jam itu, jadi kalau ndak makan yaa LAPER 😀

  3. sagung says:

    mengatasi kegendutan pasca nikahJadi kalo udah nikah, rawan gendut ya??Masa sih.Sama aja ah.

    sagung’s last blog post..Open Source Software itu gratis??

  4. daaan says:

    Btw2 udah ada tips2 bikin gemuk ga yaah kok badan tetep kaya tiang listrik gini heeheheh

    daaan’s last blog post..Sukses Verifikasi Paypal Dengan Bank Niaga

  5. Akhmad Guntar says:

    Tips dari Kreshna memang mantap abis. Thanks for sharing 🙂

    Memang ada juga orang2 yg ndak jadi gendut pasca nikah. Tapi mostly, yg terjadi adalah spt yg saya singgung dalam post2 sebelum ini 😛

    Tentang tips mbikin gendut… well…. sampe skr sih belum ngerasa butuh jadi gendut. Coba sampean nikah aja, mas Daan. Besar peluang jadi lebih gendut :mrgreen:

  6. cak rosyid says:

    Hmm.. Saya rasa, soal makan ini yang penting energy ini = energy out. Nggak papa sih orang makan banyak asal energi yang dia keluarkan juga sama banyaknya. So, tiap orang pasti beda-beda. Dan, tiap orang mesti bisa mengukur dirinya sendiri-sendiri. Saya juga punya tips tuh yang terkait dengan ini. Silakan lihat tulisan saya di http://abdurrosyid.wordpress.com/2007/12/24/tips-praktis-melangsingkan-perut/

  7. alhakim says:

    Nice Info pak… dipraktekkan ah… nih perut dah mulai gendut nih 🙂

    alhakim’s last blog post..Maraknya Judi Gaya Baru Via SMS

  8. sweety_ra says:

    Selain mengurangi konsumsi makanan, diet yang sehat juga diimbangi dengan olahraga yang teratur dan instirahat yang cukup. Tubuh jangan diforsir dengan melakukan kerja melebihi batas, tetapi asupan makan ke tubuh sangat sedikit. Dengan alih-alih ‘diet’ yang seperti ini, malah akan menjadikan tubuh kita lemas dan tidak bersemangat melakukan aktivitas. So…. meski diet tapi harus tetep bugar. OK….

  9. Dila says:

    Terima kasih atas info-nya. Sangat bermanfaat.

    Dilas last blog post..Kegunaan Melilea Greenfield Organic

  10. Oke banget nih artikel..akhirnya ada aku dapet juga temen yang bahas masalah kesehatan khususnya pola makan…selanjutnya kita bisa bertukar pikiran ya bro…
    .-= Hidup Dengan Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Tubuh Fisik Dan Mental´s last blog ..Mengenal Sistem Peringatan Tsunami Indonesia =-.

Leave a Reply